Lafal Niat Sholat Idul Adha 1443 H untuk Imam dan Makmum: Simak Berapa Kali Takbir dan Tata Caranya

- 9 Juli 2022, 05:40 WIB
Ilustrasi: Bacaan atau lafal niat sholat Idul Adha 1443 H untuk imam dan makmum lengkap dengan berapa kali takbir dan tata cara melaksanakannya.
Ilustrasi: Bacaan atau lafal niat sholat Idul Adha 1443 H untuk imam dan makmum lengkap dengan berapa kali takbir dan tata cara melaksanakannya. /PEXELS/ Michael Burrows

BERITA DIY – Simak lafal niat sholat Idul Adha 1443 H atau di tahun 2022 ini untuk imam dan makmum serta berapa kali takbir lengkap dengan tata cara melaksanakan sholatnya.

Pelaksanaan sholat Idul Adha 1443 H akan mulai dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H.

Sementara untuk penetapan tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H dari Muhammadiyah, Nahdatul Ulama (NU), dan pemerintah berbeda.

Muhammadiyah menetapkan Idul Adha atau 10 Dzulhijjah 1443 H pada tanggal 9 Juli 2022, sedangkan NU dan pemerintah sepakat pada Minggu, 10 Juli 2022.

Baca Juga: Isi Surat Edaran Hari Raya Idul Adha 2022 PDF Tentang Pedoman Sholat Ied dan Penyembelihan Qurban

Adapun hukum sholat Idul Adha sendiri yaitu sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan bagi muslim laki – laki maupun perempuan, meskipun bukan merupakan sholat wajib.

Pada pelaksanaannya, sholat Idul adha dianjurkan untuk berjamaah, namun apabila terdapat halangan dapat dilakukan secara mufarid atau di rumah sendiri.

Sholat Idul Adha juga dianjurkan dilaksanakan lebih awal, hal ini untuk memberikan kesempatan kepada umat muslim yang hendak melaksanakan kurban usai sholat Eid tersebut.

Tata Cara dan Lafal Niat

  1. Membaca Niat

Adapun lafal niat sebelum melaksanakan sholat Idul Adha untuk imam atau makmum yaitu sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x