Isi Surat Edaran Hari Raya Idul Adha 2022 PDF Tentang Pedoman Sholat Ied dan Penyembelihan Qurban

- 8 Juli 2022, 15:50 WIB
Ilustrasi. Isi surat edaran Menteri Agama terbaru 2022 tentang Hari Raya Idul Adha 2022.
Ilustrasi. Isi surat edaran Menteri Agama terbaru 2022 tentang Hari Raya Idul Adha 2022. / PEXELS/vjapratama

BERITA DIY - Berikut merupakan isi surat edaran Kemenag tentang Hari Raya Idul Adha 2022 pdf. Simak selengkapnya surat edaran Idul Adha 2022 melalui artikel di bawah ini.

Kemenag mengeluarkan surat edaran untuk menjadi panduan ketika Hari Raya Idul Adha 2022. Surat  edaran tersebut secara umum  berisi tentang panduan sholat Ied dan penyembelihan qurban.

Surat Edaran Hari Raya Idul Adha 2022 tersebut dikeluarkan Kemenag dengan No SE.10 Tahun 2022. Link surat edaran PDF tersebut akan dibagikan pada akhir artikel di bawah.

Surat tersebut dikeluarkan oleh Menteri Agama untuk mengantisipasi pandemi yang belum sepenuhnya usai.Selain itu, surat tersebut juga memberikan panduan penyembelihan qurban di tengah maraknya wabah PMK.

Baca Juga: Link Download Surat Edaran UTBK 2022 dari LTMPT, Ini Timeline Pendaftaran SBMPTN dan Cara Daftar Gap Year

Dalam surat edaran tersebut, Menag memberikan ketentuan umum tentang penyelenggaraan sholat Ied. Pelaksanaan sholat sebaiknya dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan.

Penyelenggaraan sholat juga harus dilaksanakan dengan memperhatikan penggunaan pengeras suara yang diterbitkan oleh Kemenag Nomor SE.05 Tahun 2022. Perlu dicatat bahwa pelaksanaan sholat Ied masih dapat menggunakan pengeras suara luar dengan maksimal 100 desibel.

Namun pada saat takbir hari tasyrik, pelaksanaan harus dilakukan dengan pengeras suara dalam. Dan takbir khusus malam Idul Adha hanya dilakukan sampai pukul 22.00 waktu setempat.

Menteri Agama juga menekankan kepada mubaligh atau penceramah nantinya tidak menyampaikan materi khutbah yang  tidak berpotensi menimbulkan kebencian. Sebaiknya penceramah menyampaikan hal-hal yang dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan.

Baca Juga: Link Download Surat Edaran Menag tentang Aturan Penggunaan Pengeras Suara di Masjid

Selain itu, surat edaran juga mengatur teknis penyembelihan qurban pada saat Idul Adha 2022 nanti. Hal tersebut dilakukan karena banyaknya kasus virus penyakit mulut dan kaki (PMK).

Bahkan dalam surat edaran tersebut menyebutkan bahwa umat Islam agar tidak terlalu memaksakan diri melakukan penyembelihan hewan qurban. Antisipasi tersebut dilakukan dan direkomendasikan bagi daerah-daerah yang terkena dampak virus PMK.

Menteri Agama lebih merekomendasikan dalam surat tersebut agar penyembelihan dilakukan di Rumah Penyembelihan Hewan atau RPH. Selain itu, Kemenag juga merekomendasikan agar pembelian dan penyembelihan hewan qurban dilakukan di lembaga amil zakat.

Namun, apabila RPH atau lembaga amil zakat tidak dapat menampung hewan qurban, masyarakat dapat melakukannya secara mandiri. Penyembelihan mandiri harus dilakukan dengan pengawasan oleh dinas atau instansi terkait.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Idul Adha Saat PPKM Darurat sesuai Panduan Surat Edaran Menteri Agama

Untuk informasi lebih lengkap dapat melalui surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama, Adapun link PDF untuk mengakses Surat Edaran Menteri Agama No SE.10 Tahun 2022 adalah sebagai berikut.

KLIK DI SINI

Demikian informasi mengenai surat edaran hari raya Idul Adha 2022 PDF. Simak selengkapnya isi Surat Edaran No. SE.10 Tahun 2022 tentang panduan penyelenggaraan sholat  Ied dan penyembelihan hewan qurban di sini.***

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x