Niat Sholat Idul Adha Saat Sendiri dan Berjamaah, Tata Cara Ibadah: Jumlah Takbir Rakaat Pertama dan Kedua

- 8 Juli 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi - Ketahui tata cara dan niat Sholat Idul Adha sendiri maupun berjamaah beserta jumlah takbir rakaat pertama dan kedua.
Ilustrasi - Ketahui tata cara dan niat Sholat Idul Adha sendiri maupun berjamaah beserta jumlah takbir rakaat pertama dan kedua. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Inilah bacaan niat dan tata cara Sholat Idul Adha baik secara sendiri maupun dengan berjamaah lengkap dengan penjelasan berapa kali melakukan takbir dalam rakaat pertama dan kedua.

Shalat Idul Adha merupakan ibadah sunnah yang dilaksanakan yaitu pada 10 Dzulhijjah. Dalam pelaksanaannya, ibadah ini dapat dilaksanakan secara berjamaah maupun sendiri.

Sebelum nantinya dapat melaksanakan Shalat Idul Adha pada 10 Dzulhijjah, maka umat Islam dapat mengetahui terlebih dahulu mengenai tata cara melaksanakan ibadah tersebut.

Dalam pelaksanaan ibadah Shalat Idul Adha ini sendiri tata cara guna dapat melaksanakan dapat terlebih dahulu mengetahui mengenai niat yang dapat dilafalkan baik saat melakukannya sendiri maupun berjamaah.

Baca Juga: Waspada!! Gejala Kolesterol Bisa Meningkat Saat menyantap Daging di Idul Adha: Kenali Bahayanya Segera

Bacaan Niat Sholat Idul Adha Sendiri atau Berjamaah

Setelah itu, mengenai tata cara yang juga perlu diketahui adalah jumlah takbir atau takbiratul ikhram yang nantinya dilakukan pada rakaat pertama dan juga rakaat kedua Shalat Idul Adha.

Seperti yang diketahui, bahwa pelaksanaan Shalat Idul Adha merupakan terdiri dari 2 rakaat yang diawali terlebih dahulu dengan membacakan niat dan diakhiri dengan salam beserta mendengarkan khutbah.

Terkait dengan bacaan niat Shalat Idul Adha terdapat perbedaan bagi yang akan melaksanakannya secara sendiri maupun bagi yang akan menunaikannya secara berjamaah, berikut merupakan bacaan niat lengkapnya:

- Dilaksanakan sendiri:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x