Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah? Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah dalam Arab, Tata Cara, dan Keutamaannya

- 8 Juli 2022, 11:50 WIB
Ilustrasi. Kapan pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah, bacaan niat puasa dalam bahasa Arab, tata cara, dan keutamaan melaksanakan puasa dalam bulan Dzulhijjah tersebut sesuai hadits.
Ilustrasi. Kapan pelaksanaan puasa Tarwiyah dan Arafah, bacaan niat puasa dalam bahasa Arab, tata cara, dan keutamaan melaksanakan puasa dalam bulan Dzulhijjah tersebut sesuai hadits. /PIXABAY/@pictavio

BERITA DIY – Simak informasi mengenai kapan dilaksanakannya Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah, tata cara pelaksanaan, niat puasa Tarwiyah dan Arafah dalam bahasa Arab, dan keutamaan melaksanakan dua puasa tersebut.

Bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang penting dalam kalender Islam bersamaan dengan bulan Syawal, Ramadhan, dan bulan Muharram.

Dalam bulan Dzulhijjah, umat Islam yang mampu dan berkecukupan dari seluruh dunia melaksanakan ibadah haji untuk memenuhi rukun islam kelima.

Masih dalam bulan Dzulhijjah, umat Islam seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha yang dilakukan dengan perayaan kurban.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Singkat Menyambut Lebaran Idul Adha 2022 tentang Keutamaan Puasa Arafah yang Menyentuh Hati

Untuk merayakan dua hal tersebut, umat Islam juga dianjurkan untuk memperbanyak amalan di 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, salah satunya dengan melakukan ibadah puasa sunnah.

Terdapat dua ibadah sunnah puasa yang bisa dilakukan oleh umat Islam dalam memperbanyak amalan pahala pada bulan Dzulhijjah, yaitu Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah.

Meski sama-sama puasa sunnah, puasa Tarwiyah dan Arafah memiliki tata cara, niat, dan keutamaannya masing-masing.

Berikut merupakan tata cara puasa Tarwiyah dan Arafah, niat yang dilafalkan, serta keutamaan melakukan dua puasa sunnah tersebut:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x