Hari Tasyrik 2022 di Tanggal Berapa Saja? Simak Pengertian dan Amalah Ibadah yang Bisa Dilakukan

- 8 Juli 2022, 11:04 WIB
Ilustrasi: Pengertian dan kapan hari Tasyrik 2022 serta amalan ibadah yang bisa dilakukan di tanggal 11 - 13 Dzulhijjah 1443 H.
Ilustrasi: Pengertian dan kapan hari Tasyrik 2022 serta amalan ibadah yang bisa dilakukan di tanggal 11 - 13 Dzulhijjah 1443 H. /PIXABAY/syaifulptak57

BERITA DIY – Simak hari Tasyrik 2022 atau 1443 Hijriyah (H) di tanggal berapa saja lengkap dengan pengertian dan amalan ibadah yang bisa dilakukan di hari tersebut.

Hari Tasyrik merupakan salah satu hari yang istimewa di bulan Dzulhijjah, karena di hari tersebut umat muslim diperkenankan menyembelih dan menikmati hewan kurban.

Seperti sabda Rasulullah SAW dalam sebuah hadits yang dikutip Imam Bukhari, bahwa hari Tasyrik memiliki keistimewaan untuk memperbanyak melakukan ibadah:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمَّ أَنَّهُ قَالَ مَا الْعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ مِنْهَا فِي هَذِهِ

Baca Juga: Apa Itu Hari Tasyrik Setelah Idul Adha, Mengapa Tak Boleh Puasa? Jadwal Hari Tasyrik 2022 dan Amalan Ibadah

Artinya:

“Dari sahabat Ibnu Abbas ra, dari Nabi Muhammad SAW, ia bersabda, “Tidak ada amal pada hari – hari ini yang lebih umata daripadanya di hari – hari ini,” Hadits Riwaat (HR) Bukhari.

Apa Itu Hari Tasyrik?

Hari Tasyrik merupakan tiga hari setelah Idul Adha 10 Dzulhijjah yang memiliki waktu istimewa untuk berdzikir, beribadah, dan hari di mana umat muslim dilaran untuk berpuasa.

Adapun hari Tasyrik jatuh pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah