Puasa Dzulhijjah Mulai Tanggal Berapa? Simak Keutamaan dan Bacaan Niat Lengkap Puasa Tarwiyah dan Arafah

- 29 Juni 2022, 11:00 WIB
Ilustrasi - Berikut tanggal Puasa Dzulhijjah 2022 dan bacaan niat Puasa Tarwiyah dan Arafah beserta keutamaan.
Ilustrasi - Berikut tanggal Puasa Dzulhijjah 2022 dan bacaan niat Puasa Tarwiyah dan Arafah beserta keutamaan. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY - Penjelasan mengenai Puasa Dzulhijjah bisa mulai tanggal berapa lengkap dengan keutamaan yang dimiliki dan juga bacaan niat lengkap untuk Puasa Tarwiyah dan Arafah.

Salah satu ibadah yang memiliki hukum sunnah dan dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam adalah dengan menjalankan ibadah Puasa dalam bulan Dzulhijjah yang akan datang.

Puasa Dzulhijjah merupakan ibadah Puasa sunnah yang dapat dilakukan dalam waktu tertentu, atau mengutip dari laman NU Jatim, diketahui bahwa ibadah tersebut dapat dilakukan selama 9 hari.

Waktu pelaksanaan dalam Puasa Dzulhijjah ini disebutkan bahwa dapat dilakukan oleh umat Islam mulai pada tanggal 1 hingga 9 Dzulhijjah sesuai dengan anjuran dari sebagian besar ulama.

Baca Juga: Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022 Dilaksanakan Kapan? Ini Niat dan Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah

Berikut merupakan hadist yang menjadi dasar untuk melaksanakan ibadah Puasa Dzulhijjah sesuai dengan yang dikutip dari laman NU Jatim:


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله من هذه الأيام العشر 


Arti:

"Rasulullah SAW bersabda: Tiada ada hari lain yang disukai Allah SWT untuk beribadah seperti sepuluh hari ini." (HR At-Tirmidzi). 

Seperti yang diketahui meskipun secara tersurat ibadah Puasa Dzulhijjah dianjurkan untuk dilakukan selama 10 hari, namun jika menilik pada hukumnya, pada 10 Dzulhijjah atau Idul Adha tidak diperkenankan untuk melaksanakan puasa.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x