Puasa Dzulhijjah 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal, Keutaman, dan Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah

- 29 Juni 2022, 10:19 WIB
Puasa Dzulhijjah 2022 jatuh pada tanggal berapa? jadwal, keutamaan, dan bacaan niat puasa Dzulhijjah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya.
Puasa Dzulhijjah 2022 jatuh pada tanggal berapa? jadwal, keutamaan, dan bacaan niat puasa Dzulhijjah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya. /Pixabay/ mohamed_hassan/

BERITA DIY - Puasa Dzulhijjah 2022 jatuh pada tanggal berapa? Simak jadwal, keutamaan, dan bacaan niat puasa Dzulhijjah dalam bahasa Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, bulan Dzulqoidah 1443 H segera berakhir dan umat muslim di seluruh dunia akan memasuki bulan Dzulhijjah. 

Salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah adalah melaksanakan Puasa Dzulhijjah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Arafah.

Dikutip Berita DIY dari PCNU Cilacap, puasa Dzulhijjah adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada 9 hari pertama bulan Dzulhijjah (Besar).

Baca Juga: Puasa Tarwiyah 2022 Tanggal Berapa? Bacaan Doa Niat dan Keutamaan Puasa Hari ke 8 Bulan Dzulhijjah

Hal ini sesuai dengan hadist yang mengatakan bahwa 10 hari bulan Dzulhijjah adalah hari yang agung di sisi Allah SWT.

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ عِنْدَ اللَّهِ وَلَا أَحَبُّ إِلَيْهِ الْعَمَلُ فِيهِنَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Artinya: “Tidak ada hari-hari yang lebih agung di sisi Allah dan amal shalih di dalamnya lebih dicintai oleh-Nya daripada hari yang sepuluh (sepuluh hari pertama dari Dzulhijjah).” (HR. Ahmad)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x