Perkiraan Kapan Puasa Arafah Dilaksanakan, Dalil, dan Bacaan Niat Puasa Sunnah dalam Arab, Latin, dan Terjemah

- 29 Juni 2022, 06:24 WIB
Ilustrasi Perkiraan jatuhnya Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 2022 menurut Kemenag dan Muhammadiyah, dalil puasa sunnah, dan bacaan niat puasa Arafah dalam Arab, Latin, dan Terjemah.
Ilustrasi Perkiraan jatuhnya Puasa Arafah 9 Dzulhijjah 2022 menurut Kemenag dan Muhammadiyah, dalil puasa sunnah, dan bacaan niat puasa Arafah dalam Arab, Latin, dan Terjemah. / PIXABAY/pictavio

BERITA DIY – Simak informasi mengenai kapan pelaksanaan ibadah Puasa Arafah yang jatuh pada tanggal 9 Zulhijjah, niat melaksanakannya, dan keutamaan menjalankan ibadah puasa sunnah tersebut.

Saat ini umat Islam tengah mencari kapan Puasa Arafah yang akan dilaksanakan sebentar lagi, dan perkiraan kapan jatuhnya hari raya Idul Adha 2022 Masehi atau 1443 Hijriah.

Puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum hari raya Idul Adha yang jatuh pada 10 Dzulhijjah tiap tahunnya.

Berdasarkan perkiraan tanggal, Idul Adha akan dilangsungkan pada 9 Juli 2022 mendatang, namun hal ini masih menunggu keputusan dari Pemerintah, Kemenag, dan pihak terkait mengenai hilal Idul Adha yang akan dilaksanakan pada Rabu, 29 Juni 2022 besok.

Baca Juga: Kapan Puasa Arafah? Ini Niat dalam Arab, Latin dan Terjemahan Hingga Tata Cara Pelaksanaan dan Keutamaan

Berbeda dengan klaim Kemenag yang masih menunggu hasil sidang isbat, organisasi Islam Muhammadiyah telah mengeluarkan maklumat mengenai penetapan hasil hisab. 

Melalui Maklumat Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1443 Hijriah, PP Muhammadiyah menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Kamis, 30 Juni 2022, 9 Zulhijjah 1443 H jatuh pada Jumat, 8 Juli 2022, dan Idul Adha jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022. 

Keutamaan Melaksanakan Puasa Arafah

Banyak hadis yang memperkuat adanya pahala dan keutamaan yang berlimpah apabila seorang muslim melakukan Puasa Arafah dengan niat dan sikap yang sungguh-sungguh. 

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x