Batas Waktu Takbir Idul Adha Dikumandangkan sampai Kapan? Ini Waktu Takbir dan Lafadz Takbir Idul Adha

- 28 Juni 2022, 21:06 WIB
Bacaan takbir pendek Idul Adha 2022 yang lengkap dengan latin, Arab, dan arti.
Bacaan takbir pendek Idul Adha 2022 yang lengkap dengan latin, Arab, dan arti. /Pixabay.com/John1cse

BERITA DIY - Simak batas waktu takbir Idul Adha dikumandangkan sampai kapan lengkap dengan lafadz takbir Idul Adha dalam Indonesia, Latin, dan Arab.

Takbir adalah seruan yang mengagungkan Allah dengan ucapan Allahu Akbar atau Allah Maha Besar. Mengucapkan takbir bisa dengan dibaca pelan maupun dengan suara lantang seperti dikumandangkan pakai pengeras suara.

Saat Idul Adha, melakukan takbir adalah bagian dari sunnah dan juga syiar agama Islam dengan jalur damai.

Baca Juga: Contoh Teks Khutbah Nikah dengan Khutbatul Hajat dan Doa Pernikahan untuk Calon Mempelai Sebelum Akad Nikah

Mengutip dari Jatim NU ada perbedaan antara takbir di Hari Raya Idul Adha dengan Idul Fitri. Syekh Abu Abdillah Muhammad ibn Qasim as-Syafi'I dalam Fathul Qarib al-Mujib menjelaskan, takbir dalam 'id terbagi menjadi dua macam, yaitu takbir mursal dan takbir muqayyad.

Takbir mursal adalah takbir yang waktunya tidak mengacu pada waktu shalat, atau tidak harus dibaca oleh seseorang setiap usai menjalankan ibadah shalat, baik fardu maupun sunnah.

Takbir muqayyad merupakan takbir yang pelaksanaannya memiliki waktu khusus, yaitu mengiringi shalat, dibaca setelah melaksanakan shalat, baik fardhu maupun sunah.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Lengkap Dengan Doanya Singkat, Menyentuh Hati Tentang Pertimbangan Menunaikan Ibadah Haji

Kemudian dari segi waktu pelaksanaannya, kalau takbir mursal dimulai dari terbenamnya matahari malam 'id hingga imam melakukan takbiratul ihram shalat 'id, meliputi Idul Fitri maupun Idul Adha.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x