Terbaru! Ini Panduan Pelaksanaan Salat Hari Raya Idul Adha dan Kurban 2022 dari Kemenag di Tengah Wabah PMK

- 28 Juni 2022, 19:50 WIB
Ilustrasi panduan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha dan kurban 2022 dari Kemenag di tengah wabah PMK.
Ilustrasi panduan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha dan kurban 2022 dari Kemenag di tengah wabah PMK. /PIXABAY/@suhailsuri

BERITA DIY - Simak informasi tentang panduan pelaksanaan salat Hari Raya Idul Adha dan kurban 2022 di tengah wabah PMK. Hari Raya Idul Adha adalah salah satu Hari Raya umat Islam yang dirayakan setiap tahun.

Selain melaksanakan salat Idul Adha, umat Islam juga melaksanakan kurban yaitu menyembelih hewan seperti kambing, sapi, kerbau, dan unta.

Tahun ini Muhammadiyah menetapkan Idul Adha 1443 H jatuh pada hari Sabtu, 9 Juni 2022. Keputusan tersebut terdapat dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Sedangkan pemerintah belum menetapkan tanggal pelaksanaan salat Idul Adha. Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat awal Zulhijjah pada tanggal 29 Zulkaidah 1443 H atau bertepatan dengan Rabu, 29 Juni 2022.

Baca Juga: Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi, Jatuh Tanggal Berapa Idul Adha 2022 Muhammadiyah, Arab Saudi dan Kemenag?

Sidang isbat Idul Adha tahun 2022 tersebut akan diselenggarakan di Auditorium HM, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Seperti diketahui saat ini Indonesia juga menjadi salah satu negara yang sedang merasakan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

PMK atau yang disebut sebagai Foot and Mouth Disease (FMD) merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh virus tipe A dari Picornaviridae. Penyakit ini menyerang hewan yang berkuku belah atau genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing.

Karena hal tersebut tahun 2022 ini ada ketentuan umum dan khusus dalam melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha dan penyelenggaraan kurban dikutip dari Kemenag sebagai berikut.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x