Apa Itu Obligasi? Kenali Pengertian, Fungsi, Kekurangan dan Kelebihan Beserta Contoh dari Investasi Ini

- 25 Juni 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi. Pengertian apa itu obligasi lengkap dengan fungsi, kekurangan, kelebihan, dan contoh dari investasi yang dikenal juga sebagai surat utang.
Ilustrasi. Pengertian apa itu obligasi lengkap dengan fungsi, kekurangan, kelebihan, dan contoh dari investasi yang dikenal juga sebagai surat utang. /Freepik/our-team

BERITA DIY - Simak apa itu obligasi disertai dengan pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan beserta contohnya.

Pengertian obligasi sedang banyak dicari masyarakat di internet. Tak hanya itu, warganet pun banyak yang belum mengetahui fungsi dan contoh dari jenis investasi ini.

Obligasi adalah istilah yang digunakan pada pasar modal untuk menyebut surat pernyataan utang pihak penerbit saham terhadap pembeli obligasi.

Surat utang tersebut berisi janji dari pihak penerbit saham untuk membayar imbalan berupa bunga dan melunasi utang pada waktu yang telah ditentukan.

Baca Juga: Apa Itu Fenomena Hujan Meteor Bootid 27 Juni 2022? Jam Berapa, Apakah Berbahaya, dan Terjadi di Wilayah Mana?

Surat obligasi ini memiliki bentuk seperti kertas yang berisikan sebuah pengakuan dan pernyataan dan memiliki nilai yang berharga.

Perjanjian tertulis ini biasa dilakukan oleh pemerintah negara atau pihak swasta perusahaan yang memiliki utang kepada pemegang obligasi.

Tanda bukti tertulis tersebut menjadikan pemegang obligasi akan mendapatkan keuntungan atas pembayaran bunga dan utang dari penerbit.

Obligasi atau surat utang dapat digunakan dalam jangka menengah maupun jangka panjang dan dapat diperjualbelikan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x