Daftar Pasal RKUHP Karet Tuntutan BEM SI di Ulang Tahun Jokowi Hari Ini, 21 Juni 2022 Lengkap Lokasi Demo

- 21 Juni 2022, 09:01 WIB
Daftar tuntutan BEM SI di ultah Jokowi ulang tahun hari ini, 21 Juni 2022 lengkap lokasi demo RKUHP, jam berapa dan pasal-pasal RKUHP yang kontroversial.
Daftar tuntutan BEM SI di ultah Jokowi ulang tahun hari ini, 21 Juni 2022 lengkap lokasi demo RKUHP, jam berapa dan pasal-pasal RKUHP yang kontroversial. /Pikiran-rakyat/Amrin Abdul Jabbar

BERITA DIY - Berikut tuntutan BEM SI di ultah Jokowi ulang tahun hari ini, 21 Juni 2022 lengkap lokasi demo RKUHP, jam berapa dan pasal-pasal RKUHP yang kontroversial.

Hadiah dari BEM SI dalam ulang tahun Jokowi hari ini adalah aksi demonstrasi menolak Revisi Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang akan digelar hari ini, 21 Juni 2022 di IRTI Monas pada pukul 13.00 WIB.

Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) dalam akun IG Instagram resminya menuliskan jika proses RKUHP tidak melibatkan partisipasi masyarakat.

Baca Juga: LINK Twibbon Ulang Tahun Jokowi Hari Ini, Kumpulan Ucapan Bergambar untuk Presiden Indonesia Joko Widodo

Pun, alasan BEM SI demo ke Jokowi karena sejumlah pasal karet yang ada di RKUHP untuk mengubur kritikan masyarakat kepada pemerintah.

"Mari tolak RKUHP bermasalah karena semua bisa terkena imbasnya. Beberapa pasal bermasalah dalam RKUHP disinyalir dapat dengan mudah digunakan oknum-oknum tidak bertanggung jawab untuk mengkriminalisasi masyarakat dengan mudah mengacu pada draf 2019," tulis akun @bemsi.official dikutip pada Selasa, 21 Juni 2022.

Sebagai informasi tambahan, direncakanan RKUHP akan disahkan menjadi KUHP pada Juli 2022 mendatang.

Baca Juga: Resmi, Jokowi Reshuffle Kabinet 2022 Hari Ini: Berikut Daftar 2 Menteri dan 3 Wamen Baru

Ada sejumlah pasal-pasal kontroversial dalam RKUHP yang masih berpegang pada draf tahun 2019 lalu, antara lain:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x