Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 8 Juni 2022, Cocok untuk Caption di Status WA, FB, dan IG

- 8 Juni 2022, 07:45 WIB
Ilustrasi. Kumpulan ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 8 Juni 2022, cocok untuk caption di status WA, FB, dan IG.
Ilustrasi. Kumpulan ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 8 Juni 2022, cocok untuk caption di status WA, FB, dan IG. /PIXABAY/Ignartonosbg

BERITA DIY - Simak kumpulan ucapan Hari Raya Gulungan dan Kuningan 8 Juni 2022, cocok untuk caption di status WA, FB, dan IG.

Hari ini Rabu, 8 Juni 2022 bertepatan dengan Hari Raya Galungan yang merupakan salah satu hari yang penting bagi umat Hindu.

Sementara Hari Raya Kuningan diperingati setiap 10 hari usai peringatan Hari Raya Galungan oleh masyarakat Hindu.

Baca Juga: Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022 Tanggal Berapa, Apakah Libur Nasional? Ini Daftar Hari Libur Bulan Juni

Dikutip dari laman disperkimta.bulelengkab.go.id, Hari Raya Galungan dimaknai sebagai kemenangan Dharma (Kebaikan) melawan aDharma (Keburukan), dimana pada saat Budha Kliwon wuku Dunggulan umat Hindu merayakan dan menghaturkan puja dan puji syukur kehadapan Ida Sanghyang Widhi Wasa (Tuhan YME).

Rabu Kliwon Dungulan dinamakan Galungan, dimaknai dengan bersatunya rohani agar mendapatkan pandangan yang terang untuk melenyapkan segala kekacauan pikiran.

Sehingga dapat disimpulkan inti Galungan adalah menyatukan kekuatan rohani agar mendapat pikiran dan pendirian yang terang. Bersatunya rohani dan pikiran yang terang inilah wujud dharma dalam diri.

Baca Juga: Kumpulan Kata-kata Hari Raya Galungan dan Kuningan untuk Keluarga, Termasuk Ucapan Hari Raya Saraswati

Sementara Hari Raya Kuningan atau sering disebut Tumpek Kuningan jatuh pada hari Sabtu, Kliwon, wuku Kuningan. Pada hari tersebut umat Hindu melakukan pemujaan kepada para Dewa, Pitara untuk memohon keselamatan, kedirgayusan, perlindungan dan tuntunan lahir-bathin.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x