Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022 Tanggal Berapa, Apakah Libur Nasional? Ini Daftar Hari Libur Bulan Juni

- 7 Juni 2022, 21:19 WIB
Ilustrasi: Info kapan dan tanggal berapa Hari Raya Galungan serta Kuningan 2022 dan apakah termasuk hari libur nasional di bulan Juni atau tidak.
Ilustrasi: Info kapan dan tanggal berapa Hari Raya Galungan serta Kuningan 2022 dan apakah termasuk hari libur nasional di bulan Juni atau tidak. /ANTARA FOTO/ Nyoman Hendra Wibowo

BERITA DIY – Simak kapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022 dan tanggal berapa serta apakah termasuk hari libur Nasional atau tidak lengkap dengan daftar hari libur Nasional bulan Juni 2022.

Hari Raya Galungan dan Kuningan merupakan salah satu Hari Raya yang dirayakan umat Hindu.

Hari Raya Galungan akan jtuh setiap Budha Kliwon wuku Dunggulan sedangkan Hari Raya Kuningan akan jatuh pada Saniscara Kliwon wuku Kuningan yang jatuh tepat 10 hari setelah Hari Raya Galungan.

Baca Juga: Bacaan Doa Hari Raya Galungan, Arti dan Makna serta Rangkaian Hari Raya Galungan 2022

Melansir laman resmi Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan Buleleng Bali (Disperkimta), makna Haro Raya Galungan yaitu kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (Keburukan), di mana saat Budha Kliwon wuku Danggulan umat Hindu merayakan dan menghaturkan puja puji syukur kepada Ida Sanghyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan Hari Raya Kuningan atau juga sering disebut Tumpek Kuningan akan jatuh pada Sabtu, Kliwon, wuku Kuningan.

Pada Hari Raya Kuningan, umat Hindu memuja para Dewa, Pitara, untuk memohon keselamatan, kedirgayusan, perlindungan, dan tuntutan lahir batin.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022 Untuk Agama Hindu yang Jatuh Pada 8 Juni 2022

Tanggal Berapa Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022?

Pada tahun 2022 ini, Hari Raya Galungan dan Kuningan 2022 akan jatuh pada Rabu, 8 Juni 2022, namun rangkaian acara telah dimulai pada 2 Juni 2022.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x