Masjid Pertama Dibangun Nabi Muhammad SAW Berada di Madinah, Peninggalan Rasulullah 1.400 Tahun Lalu

- 31 Mei 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - Bangunan Masjid Quba, masjid di tepi Kota Madinah yang dibangun Rasulullah SAW pertama kali, ini kisanya.
Ilustrasi - Bangunan Masjid Quba, masjid di tepi Kota Madinah yang dibangun Rasulullah SAW pertama kali, ini kisanya. /Pixabay/Jörg Peter

BERITA DIY - Inilah kisah masjid pertama yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW sebagai peninggalan nyata jejak Rasulullah 1.400 tahun silam. Lokasinya berada di tanah Madinah dan masih bisa ada untuk dikunjungi.

Masjid pertama yang dibangun Nabi Muhammad SAW adalah Masjid Quba. Mengutip dari buku Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII oleh H. Fida’ A. & Yusak B., pada tahun 622 M, Rasulullah tiba di Quba (dekat Madinah) dan kemudian membangun masjid pertama di sana.

Tepatnya, Rasulullah SAW membangun Masjid Quba di atas lahan kebun kurma seluas 1.200 meter persegi.

Baca Juga: Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Muhamad: Sholawat Nabi Pendek Tulisan Arab, Latin, Artinya

Cerita Rasulullah membangun Masjid Quba ini juga termaktub dalam Al Qur’an di Surat At-Taubah ayat 108 yang artinya berbunyi:

“Janganlah kamu bersembahyang dalam mesjid itu selama-lamanya. Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.”

Usaha Rasulullah membangun rumah ibadah untuk pertama kali tersebut dibantu oleh para sabahat-sahabat yang mengikuti Nabi hijrah dari Makkah.

Baca Juga: Sejarah dan Amalan-Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Dalam proses pembangunannya, Rasulullah terlibat langsung dalam membawa bahan-bahan bangunan, bahkan badan Rasulullah dipenuhi debu dan pasir.

Seiring jalannya peradaban Masjid Quba ini mengalami banyak renovasi. Renovasi pertama terjadi pada masa Khalifah ketiga, Utsman bin Affan.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x