Keutamaan dan Niat Puasa Sunnah Senin dan Kamis dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

- 22 Mei 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi keutamaan, dalil hadis, dan niat puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia.
Ilustrasi keutamaan, dalil hadis, dan niat puasa sunnah pada hari Senin dan Kamis dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia. /Pixabay.com/@pictavio

BERITA DIY – Berikut niat puasa sunnah Senin dan Kamis yang harus dibaca saat malam sebelum berpuasa atau saat sedang melaksanakan santap sahur dilengkapi dengan Bahasa Arab, Latin, dan artinya.

Puasa Senin Kamis adalah puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW semasa hidupnya. Banyak hadis yang menerangkan pentingnya ibadah sunnah puasa ini baik dari segi pahala maupun dari seringnya Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah tersebut.

Dalam shahih yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi, Aisyah RA berkata bahwa:

“كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.”

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sangat antusias dan bersungguh-sungguh dalam melakukan puasa pada hari Senin dan Kamis “

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Tulisan Arab, Latin dan Artinya Lengkap dengan Keutamaan dan Manfaatnya

Keutamaan berpuasa pada hari Senin dan Kamis juga dijelaskan dalam hadis riwayat at-Tirmidzi dalam Kitaabus Shaum yang berbunyi:

“تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ اْلإِثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ.”

Artinya: “Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.”

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x