Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Mei 2022 Mulai Besok Tanggal 14, Bacaan Niat 3 Bahasa dan Keutamaan

- 13 Mei 2022, 17:55 WIB
Ilustrasi jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Mei 2022 atau Syawal 1443 H beserta bacaan niat dan keutamaan.
Ilustrasi jadwal puasa Ayyamul Bidh bulan Mei 2022 atau Syawal 1443 H beserta bacaan niat dan keutamaan. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak jadwal puasa Ayyamul Bidh Mei 2022 atau Syawal 1443 H yang dimulai hari Sabtu, 14 Mei beserta bacaan niat tiga bahasa hingga keutamaan.

Selain ibadah puasa wajib Ramadhan, umat Islam memiliki agenda puasa sunnah di setiap pertengahan bulan Hijriyah yang disebut dengan puasa Ayyamul Bidh.

Berikut ini akan disampaikan jadwal puasa Ayyamul Bidh yang jatuh pada bulan Syawal atau bulan Mei 2022. Umat Islam juga hendaknya membaca niat ibadah sunnah itu dan ketahui keutamaan pelaksanaannya.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Mei 2022 atau Syawal Mulai Tanggal Berapa Berikut Niat dan Keutamaan

Orang sering menyebut puasa Ayyamul Bidh sebagai puasa putih karena hari-hari tersebut bulan sedang terang-terangnya.

Selain itu kata 'Ayyamul Bidh' juga dipercaya berasal dari asal usul kisah Nabi Adam yang ketika itu dalam kondisi terbakar matahari ketika turun ke Bumi.

Allah SWT mengamanatkan Nabi Adam untuk melakukan ibadah puasa tiga hari hingga seluruh badannya kembali menjadi putih dan bersih.

Baca Juga: Hukum Puasa Syawal dan Tata Cara Pelaksanaan Lengkap Bacaan Doa Niat Arab, Latin, serta Artinya

Adapun pengertian puasa Ayyamul Bidh adalah puasa sunnah yang dilaksanakan tiga hari berturut-turut di pertengahan setiap bulan Hijriyah yaitu pada tanggal 13, 14, dan 15.

Oleh karena itu, jadwal puasa Ayyamul Bidh berubah-ubah jika melihat penanggalan Masehi karena harus disesuaikan terlebih dahulu dengan bulan di kalender Hijriyah.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x