Hukum Puasa Syawal dan Tata Cara Pelaksanaan Lengkap Bacaan Doa Niat Arab, Latin, serta Artinya

- 12 Mei 2022, 19:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan hukum puasa Syawal dan tata cara pelaksanaannya lengkap dengan bacaan doa niat Arab, latin, serta artinya.
Ilustrasi - Penjelasan hukum puasa Syawal dan tata cara pelaksanaannya lengkap dengan bacaan doa niat Arab, latin, serta artinya. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut penjelsan mengenai hukum puasa Syawal dan tata cara pelaksanaannya lengkap dengan bacaan doa niat Arab, latin, serta artinya.

Puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan syawal selama 6 hari secara berurutan maupun terpisah.

Hukum melaksanakan puasa Syawal adalah sunnah. Namun umat muslim dianjurkan mengerjakannya, karena keutamaan melaksanakan puasa di bulan syawal setara dengan berpuasa selama 1 tahun.

Baca Juga: Jadwal Puasa Ayyamul Bidh Mei 2022 atau Syawal Mulai Tanggal Berapa Berikut Niat dan Keutamaan

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka baginya (pahala) puasa selama setahun penuh." (HR Muslim).

Tata cara melaksanakan puasa Syawal adalah dengan berpuasa selama 6 hari lamanya baik secara berurutan maupun tidak.

Puasa Syawal tidak boleh dikerjakan pada tanggal 1 syawal karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri. Selain di tanggal itu puasa Syawal boleh dikerjakan.

Baca Juga: Bacaan Latin Niat Puasa Senin Kamis di Bulan Syawal Lengkap Tata Cara, Keutamaan dan Hukum

Terkait melaksanakan puasa Syawal di hari Jumat tetap diperbolehkan asal di hari sebelumnya dan setelahnya tetap berpusa.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x