Niat Puasa Syawal Teks Arab, Latin, dan Artinya Disertai Keutamaan dan Tata Cara Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

- 9 Mei 2022, 09:05 WIB
Niat puasa Syawal sesuai sunnah disertai keutamaan dan tata cara puasa 6 hari di bulan Syawal.
Niat puasa Syawal sesuai sunnah disertai keutamaan dan tata cara puasa 6 hari di bulan Syawal. /PIXABAY/mohamed_hassan

BERITA DIY - Berikut niat puasa Syawal sesuai sunnah lengkap dari teks Arab, ejaan latin dan artinya. Simak selengkapnya keutamaan puasa sunnah Syawal sesuai hadist disertai tata cara pelaksanaan ibadah puasa.

Puasa sunnah di bulan Syawal adalah salah satu ibadah yang memiliki keistimewaan. Menjalankan ibadah puasa Syawal akan mendapatkan nilai dan ganjaran yang besar apabila ibadah puasanya tersebut diterima.

Puasa Syawal dilaksakan pada saat bulan Syawal yakni hitungan pada bulan Hijriyah setelah bulan Ramadhan. Ibadah puasa dilakukan selama 6 hari khusus di bulan Syawal.

Baca Juga: Puasa Syawal Sampai Kapan? Ini Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari Seseuai Sunnah dan Niat Puasa Qodho Ramadhan

Dalam menjalankan ibadah puasa Syawal, tentunya umat Islam membutuhkan niat dan keikhlasan dalam beribadah. Hal tersebut dilakukan agar ibadah yang dilakukan diterima oleh Allah SWT.

Salah satu ganjaran yang didapat oleh orang yang berpuasa Syawal adalah dihitung berpuasa dalam satu tahun penuh. Hal tersebut akan didapat apabila berpuasa Ramadhan sebelumnya dan dilanjutkan dengan puasa sunnah di bulan Syawal.

Pendapat tersebut disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat melalui laman Youtube Adi Hidayat Official pada 3 Mei 2022. Dengan didasarkan pada hadist yang diriwayatkan Imam Muslim menyampaikan puasa Ramadhan yang disambung dengan puasa 6 hari di bulan Syawal maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari, Tata Cara, dan Keutamaan Menjalankannya

"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, lalu menyambungnya dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa sepanjang tahun (HR Muslim)," tuturnya ketika menyampaikan keistimewaan puasa Syawal melalui hadist tersebut.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x