Niat Puasa Syawal 6 Hari dan Kapan Batas Akhir Pelaksanaan, Simak Jadwal, Keutamaan hingga Tata Cara

- 9 Mei 2022, 11:44 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa Syawal enam hari dan kapan batas akhir pelaksanaan.
Ilustrasi bacaan niat puasa Syawal enam hari dan kapan batas akhir pelaksanaan. /Pexels.com/Engin Akyurt

BERITA DIY - Simak niat puasa Syawal 6 (enam) hari dan kapan batas akhir pelaksanaan lengkap dengan jadwal, keutamaan, dan tata cara.

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun ini yang menandakan tanggal 1 Syawal 1443 Hijriyah telah jatuh pada tanggal 2 Mei 2022 lalu.

Setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan penuh, umat Islam kembali dianjurkan untuk berpuasa Syawal selama enam hari. Lalu bagaimana niat puasa Syawal dan kapan batas akhir pelaksanaan?

Baca Juga: Teks Naskah Ceramah Keutamaan dan Hukum Puasa Syawal yang Tak Banyak Diketahui, Khutbah Singkat dan Jelas

Sebelum mengetahui lebih lanjut, keutamaan puasa Syawal tercantum dalam beberapa dalil, salah satunya disebutkan orang yang melakukan selama enam hari maka sama saja berpuasa selama satu tahun.

من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال كان كصيام الدهر” رواه مسلم

Artinya: "Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutkannya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun." (HR. Imam Muslim)

Baca Juga: Berapa Hari Puasa Syawal, Mulai Kapan? Keutamaan Serta Bacaan Niat Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Ustadz Johan Saputra Halim M.HI dalam siaran YouTube 'Yufid.TV - Pengajian dan Ceramah Islam' mengatakan keutamaan puasa Syawal.

Pada bulan Ramadhan, umat Islam melakukan puasa 30 hari penuh dan setiap kebaikan akan diberikan ganjaran 10 kali lipat.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x