Apa Itu Plasenta Previa Marginalis dan Totalis? Ini Penyebab, Gejala, dan Penanganan Plasenta Previa

- 12 Mei 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi - Apa itu kehamilan dengan plasenta previa? Ini penyebab, gejala z dan penanganan plasenta previa.
Ilustrasi - Apa itu kehamilan dengan plasenta previa? Ini penyebab, gejala z dan penanganan plasenta previa. /PIXABAY/Sanjasy

BERITA DIY- Berikut merupakan penjelasan mengenai apa itu kehamilan dengan plasenta previa. Simak selengkapnya penyebab, gejala, dan cara penanganan plasenta previa.

Kehamilan merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh pasangan yang telah menikah. Namun pada beberapa kehamilan, ada beberapa kehamilan yang mendapatkan masalah pada kesehatan salah satunya adalah plasenta previa.

Dilansir dari rspondokindah.co.id, plasenta previa merupakan kondisi tidak wajar pada saat kehamilan di mana plasenta akan menutupi bagian bawah dinding rahim. Hal tersebut akan menghalangi jalan keluarnya bayi karena plasenta menutupi bagian bawah dinding rahim.

Baca Juga: Keajaiban Plasenta Previa: Penyebab, Gejala, hingga Faktor Risiko yang Sering Terjadi di Ibu Hamil

Plasenta previa sendiri memiliki beberapa jenis yang ditentukan berdasarkan posisi. Jenis tersebut di antaranya adalah marginalis, bagian tepi plasenta mendekati mulut rahim tetapi tidak menutupi mulut rahim.

Partialis, plasenta menutupi sebagian mulut rahim. Jenis terakhir dari plasenta previa adalah totalis, plasenta menurutpi seluruh mulut rahim.

Ketiga jenis tersebut membutuhkan perawatan dokter yang intensif agar tidak memperparah kondisi kehamilan. Namun pada kondisi totalis, penanganan terbaiknya yakni dengan melakukan rawat inap agar mudah dilakukan observasi secara intens oleh tim dokter dengan perawatan medis yang lebih memadai.

Baca Juga: Penjelasan Hepatitis Akut Adalah Apa Menurut WHO, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit dari Anak

Sebenarnya keadaan plasenta berada pada bagian bawah rahim adalah hal yang biasa. Namun kondisi tersebut menjadi persoalan bagi ibu hamil apabila melewati waktu hingga trimester ketiga.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x