Halal Bihalal Adalah Apa? Simak Penjelasan dan Sejarah Pelaksanaan Tradisi Setelah Lebaran Idul Fitri

- 9 Mei 2022, 12:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan Halal Bihalal adalah apa dari segi bahasa dan dasar Al Quran beserta sejarah.
Ilustrasi - Penjelasan Halal Bihalal adalah apa dari segi bahasa dan dasar Al Quran beserta sejarah. /Pixabay/admmr

BERITA DIY - Mengenal penjelasan apa itu tradisi Halal Bihalal lengkap dengan pengertian kapan waktu dilaksanakannya beserta sejarah.

Setelah mengusaikan bulan Ramadhan, bagi umat Islam masih menjalankan salah satu tradisi yang disebut atau dikenal dengan Halal Bihalal yang telah diketahui selama bertahun-tahun.

Adanya tradisi Halal Bihalal ini sendiri kini banyak dilakukan oleh berbagai kalangan seperti instansi pekerjaan, instansi pendidikan, bahkan hingga pada lingkup seperti masyarakat.

Baca Juga: Megawati-Puan Maharani Terima Silaturahmi Prabowo di Halal Bihalal Lebaran 2022, Apa Jadi Embrio Menuju 2024?

Hadirnya tradisi Halal Bihalal ini memantik rasa penasaran sebenarnya seperti apakah pengertian atau penjelasan resmi mengenai salah satu tradisi yang dilakukan oleh umat Islam tersebut.

Pasalnya Halal Bihalal telah akrab dilakukan atau hampir menjadi suatu hal yang pasti dilaksanakan setelah mengusaikan bulan suci Ramadhan dan memasuki bulan Syawal.

Mengenai penjelasan dari pengertian Halal Bihalal adalah apa maka dapat diketahui berdasarkan pendekatan seperti dalam bahasa hingga dasar pelaksanaannya dalam Al Quran ataupun Hadist.

Baca Juga: Contoh Teks Kata Sambutan Ketua Panitia Halal Bihalal Keluarga Besar dengan Tema Cinta Kasih di Lebaran 2022

Mengutip dari laman resmi KEMENAG SUMSEL, dari segi bahasa sendiri kata Halal Bihalal merupakan kata yang berasal dari Bahasa Arab dan telah masuk dalam serapan Bahasa Indonesia.

Sehingga pengertian Halal Bihalal berdasarkan pada tinjauan Bahasa Indonesia dari KBBI memiliki makna yaitu suatu kegiatan untuk saling bermaafan setelah Lebaran Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah