Tata Cara Melaksanakan Salat Qadha Ketika Perjalanan Jauh, Lengkap Bacaan Niat Mengqadha 4 Waktu Salat

- 7 Mei 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi tata cara melaksanakan Salat Qadha dalam perjalanan jauh.
Ilustrasi tata cara melaksanakan Salat Qadha dalam perjalanan jauh. /PIXABAY/@chiplanay

Berita DIY - Tata cara Salat Qadha lengkap dengan bacaan niat dan hukum memperbolehlan mengqadha salat dalam perjalanan jauh. Simak bacaan niat hingga tata cara Salat Qadha untuk pelaku perjalanan jauh dalam artikel ini.

Setiap umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan salat lima waktu mulai dari Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, hingga Isya serta dianjurkan mendirikannya dengan tepat waktu.

Meski demikian, Allah SWT memberikan kemudahan bagi pelaku perjalanan jauh untuk dapat melakukan Qadha salat.

Baca Juga: Bagaimana Tata Cara Salat Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan 2022? Lengkap Bacaan Niat dan Keutamaan

Terdapat beberapa waktu salat yang dapat digabungkan atau diqadha antara lain adalah waktu Salat Dzuhur dan Ashar, serta waktu Salat Maghrib dan Isya.

Apabila umat Muslim berhalangan untuk melaksanakan keempat waktu salat tersebut maka diberikan keringanan baginya untuk menggabungkan waktu salat. Hal ini dikarenakan, salat adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan.

Salat Qadha dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji ‘ala Madzhabi Imam al-Syafi’i (Surabaya: Al-Fithrah, 2000), juz I, hal. 110 menjelaskan bahwa qadha salat ialah melaksanakan salat sesudah habisnya waktu, atau sesudah waktu yang tidak mencukupi untuk menyelesaikan satu rakaat atau lebih. Kondisi sebaliknya disebut adâ.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut, Penyempurna Salat Subuh dalam Mahzab Syafii dan Maliki: lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Oleh karena itu maka apabila shalat dilaksanakan di dalam waktunya disebut dengan istilah adâ’ dan jika dilaksanakan di luar waktunya maka disebut qadha.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x