Mengenal Makna dan Berbagai Bentuk Ketupat Khas Indonesia yang Selalu Ada Saat Hari Raya Idul Fitri

- 2 Mei 2022, 12:30 WIB
Mengenal makna dan berbagai bentuk ketupat yang selalu ada di Hari Raya Idul Fitri.
Mengenal makna dan berbagai bentuk ketupat yang selalu ada di Hari Raya Idul Fitri. / Tangkap Layar YouTube.com/Dunia Tanaman

BERITA DIY - Mengenal makna dan berbagai jenis bentuk ketupat khas Indonesia yang selalu ada saat Hari Raya Idul Fitri. 

Ketupat merupakan salah satu makanan yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri dan selalu ada saat lebaran khususnya bagi masyarakat di daerah Jawa. 

Ketupat juga biasa disebut dengan kupat dalam bahasa Jawa. Ketupat berasal dari kata Pat atau Lepat dalam bahasa Jawa yang memiliki arti kesalahan dalam bahasa Indonesia dan Luar yang berarti di luar atau terbebas atau terlepas. 

Baca Juga: Twibbon Hari Raya Idul Fitri 2022 Keren Unik, Dapatkan Link Gratis untuk Dipasang Sebagai Profil Media Sosial

Menurut makna kata tersebut, diartikan bahwa orang yang makan ketupat diharapkan sudah terlepas dari segala kesalahan, kemudian saling memaafkan dan melebur dosa. 

Ada pula yang menyebutkan Ketupat berasal dari kerata basa atau bahasa lain ngaku lepat atau mengakui kesalahan. Dengan makna ini, ketupat juga diartikan sebagai sarana yang membuat seseorang mengakui kesalahan dan mau memaafkan kesalahan orang lain juga. 

Bentuknya yang berupa belah ketupat atau persegi diartikan kiblat papat lima pancer sebagai keseimbangan alam yakni empat arah mata angin yang bertumpu pada satu pusat. 

Baca Juga: Niat Puasa Syawal 1443 Usai Lebaran Idul Fitri 2022 Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaannya

Papat lima pancer ini juga dapat diartikan sebagai empat hawa nafsu manusia. Dengan makan ketupat maka keempat sifat buruk tersebut lebur bersama segala kesalahan yang dibuat. 

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x