Arti Kalimat dan Teks Arab Taqabbalallahu Minna Wa Minkum dan Jawabannya, Apakah Boleh Diganti?

- 3 Mei 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi Idul Fitri. Arti kalimat taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya, apakah ucapan boleh diganti?
Ilustrasi Idul Fitri. Arti kalimat taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya, apakah ucapan boleh diganti? /PIXABAY/GDJ

BERITA DIY - Berikut arti kalimat dan teks Arab taqabbalallahu minna wa minkum dan jawabannya. Simak selengkapnya hingga jawabannya yakni minna wa minkum taqabbalallahu ya karim disertai penjelasan mengenai kebolehan ucapan doa tersebut diganti.

Idul Fitri adalah puncak perayaan setelah satu bulan lamanya melakukan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Ibadah puasa menjadi amalan yang cukup berat dikarenakan harus membendung dan berperang melawan hawa nafsu dan ego individu.

Waktu ibadah pada bulan Ramadhan yang cukup singkat dan tidak adanya kepastian terkait dengan diterimanya amal ibadah membuat doa taqabbalallahu minna wa minkum semakin penting untuk dipanjatkan sesama umat Islam. Doa tersebut diartikan sebagai permohonan kepada Allah SWT untuk menerima amal ibadah khususnya pada bulan Ramadhan bagi diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga: Arti dan Jawaban Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim yang Dibaca saat Lebaran Idul Fitri

Ucapan doa tersebut memiliki jawaban yang diberikan oleh orang lain apabila mendoakan dengan kalimat di atas. Untuk menjawabnya, cukup dengan kalimat minna wa minkum taqabbalallahu ya karim yakni untuk memohon hal yang sama agar diterima ibadahnya oleh Allah SWT.

Doa taqabbalallahu minna wa minkum adalah kalimat yang tidak ada dalam hadist manapun. Hal tersebut disampaikan oleh Ustadz Muhammad Abdul Wahab LC dalam video yang diunggah melalui laman Youtube Rumah Fikih pada 28 Juni 2018.

Dalam video tersebut Muhammad Abdul Wahab mengatakan bahwa tidak ada riwayat doa tersebut merupakan tuntunan dari Nabi SAW. Ucapan tersebut adalah kebiasaan para sahabat ketika sedang berkumpul dan saling mendoakan dengan kalimat tersebut.

Baca Juga: Kata-kata Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 yang Penuh Doa Cocok untuk Status FB, WA, dan Twitter

Rasulullah SAW disebut tidak memberikan tuntunan tersebut atau bahkan dalam haditsnya. Namun ia menegaskan untuk mempertimbangkan persoalan tersebut menggunakan pandangan ulama yang kompetensi ilmu agamanya kuat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x