Arti dan Jawaban Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Taqabbal Ya Karim yang Dibaca saat Lebaran Idul Fitri

- 1 Mei 2022, 12:00 WIB
Arti dan jawaban doa Taqabalallahu Minna wa Minkum Taqabbal ya Karim, ucapan yang dilafalkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat saat hari raya Idul Fitri.
Arti dan jawaban doa Taqabalallahu Minna wa Minkum Taqabbal ya Karim, ucapan yang dilafalkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada para sahabat saat hari raya Idul Fitri. /Pexels.com/RODNAE Productions

BERITA DIY – Simak informasi mengenai arti dan jawaban dari bacaan atau doa Taqabbalallahu Minna wa Minkum Taqabbal Yaa Karim yang dibaca saat silaturahmi Lebaran Idul Fitri 2022.

Pada momen Idul Fitri mendatang, akan ada ucapan atau doa baru yang akan muncul dalam berbagai pesan baik melalui media sosial ataupun pesan pribadi.

Dalam momen Lebaran Idul Fitri, tiap orang akan berlomba-lomba untuk mengirimkan ucapan ini ke rekan maupun sanak saudara sebagai bentuk perayaan kembalinya umat Islam ke fitrah setelah sebulan penuh berpuasa.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Hari Raya Idul Fitri Tanggal Berapa Bisa Cek Di Sini, Ini Jadwal Lebaran NU dan Pemerintah

Ucapan doa tersebut adalah Taqabalallahu Minna wa Minkum, atau dalam tulisan arab ditulis seperti:

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ

Ucapan di atas memiliki makna: “Semoga Allah SWT menerima amal dari kami dan kalian.”

Ucapan ini merupakan tindakan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sendiri dan juga para sahabat ketika masa Lebaran Idul Fitri tiba.

Hal ini tercatat dalam hadis Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 2/446 yang berbunyi:

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x