Bacaan Tahlil Lengkap NU, Bahasa Arab dan Latin untuk Ziarah Kubur Jelang Lebaran 2022 Idul Fitri 1443 H

- 28 April 2022, 12:35 WIB
ilustrasi - Untuk Ziarah kubur Jelang lebaran 2022 Idul Fitri 1443 H dan tahlilan dalam bacaan Tahlil lengkap NU bahas Arab dan latin.
ilustrasi - Untuk Ziarah kubur Jelang lebaran 2022 Idul Fitri 1443 H dan tahlilan dalam bacaan Tahlil lengkap NU bahas Arab dan latin. /https://pixabay.com/photos/quran-islam-book-holy-book-6114872/

BERITA DIY - Simak bacaan tahlil dan doa ziarah kubur lengkap dalam bahasa Arab dan latin untuk berziarah ke makam di malam Jumat.

Membaca bacaan tahlil dan doa ziarah kubur biasanya ramai dilakukan banyak umat Islam pada saat hari besar Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha.

Ziarah kubur merupakan salah satu kegiatan yang mulia dilakukan karena bisa sebagai pengingat akan datangnya kematian saat mengunjunginya.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Pendek Latin dan Artinya, Bisa Dibaca saat Nyekar Sebelum Hari Lebaran Idul Fitri 2022

Sebelum melakukan kegiatan ziarah kubur ada baiknya untuk memperhatikan adab dalam berziarah seperti mengenakan pakaian yang sopan, bersuci, dan membaca doa.

Saat mengunjungi makam orang tua, saudara, atau kerabat sebaiknya tidak melakukan hal-hal yang kurang sopan seperti membuat keributan, membuang sampah di sekitar makam, membicarakan keburukan orang yang sudah meninggal.

Salah satu dasar anjuran ziarah kubur ini adalah sabda Rasulullah SAW berikut:

كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ أَلَا فَزُورُوهَا، فَإِنَّهُ يُرِقُّ الْقَلْبَ، وَتُدْمِعُ الْعَيْنَ، وَتُذَكِّرُ الْآخِرَةَ، وَلَا تَقُولُوا هُجْرً 

Artinya: “Dahulu saya melarang kalian berziarah kubur, tapi (sekarang) berziarahlah kalian, sesungguhnya ziarah kubur dapat melunakkan hati, menitikkan (air) mata, mengingatkan pada akhirat, dan janganlah kalian berkata buruk (pada saat ziarah).” (HR. Hakim).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x