2 Link Tes Kesehatan Mental Google Form yang Viral di TikTok dan Tes Kesehatan Mental Unair

- 26 April 2022, 11:15 WIB
ilustrasi - 2 Link tes kesehatan mental Google Form dan Unair, cek tingkat depresi melalui link ini.
ilustrasi - 2 Link tes kesehatan mental Google Form dan Unair, cek tingkat depresi melalui link ini. /Pixabay / Alfcermed
 
BERITA DIY- Viral di berbagai media sosial adanya link tes kesehatan mental melalui platform di google form. 2 link ini bisa menjadi platform untuk tes kesehatan mental secara gratis.
 
2 link tes tersebut memiliki perbedaan yakni kelengkapan tes kesehatan mental. Pada tes mental Google Form hanya mengukur tingkat depresi, sedangkan pada form yang dimiliki Unair lebih lengkap dan memilki basis ilmiah yang kuat.
 
Pertanyaan pada soal tes kesehatan mental di Google Form nantinya berupa beberapa sikap, perilaku, dan apa yang Anda rasakan belakangan ini. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui tingkat stres atau depresi menggunakan diagnosa yang biasa disebutkan bagi orang yang memiliki kesehatan mental buruk berupa depresi, cemas, ataupun ketakutan berlebih.
 
 
Sedangkan pada tes kesehatan mental Unair, ada beberapa pilihan tes yang disediakan. Di antaranya adalah skala harapan, skala adaptasi karier, skala optimisme skripsi, adaptasi siswa di sekolah, dukungan sosial yang dirasakan dan beberapa tes lainnya. 
 
Tes kesehatan mental Google Form hanya digunakan untuk melihat tingkat kesehatan mental yang Anda miliki. Beberapa kriteria akan disebutkan yakni cenderung stabil, stres ringan, depresi dan yang paling parah yakni depresi, stress, dan cemas.
 
Namun tes kesehatan mental di Google form tidak dapat dijadikan sebagai satu-satunya standar dalam mengukur kesehatan mental Anda. Walaupun mungkin terasa sesuai dengan kehidupan dan perasaan Anda belakangan ini, Anda juga perlu mendatangi psikolog profesional. 
 
 
Tes kesehatan mental pada Google form terlalu menyederhanakan proses tes dalam mengukur tingkat kesehatan mental. Walaupun pertanyaan yang diajukan bersifat umum, namun untuk dijadikan standar masih belum mapan secara ilmiah.
 
Berbeda dengan form yang ada pada link tes milik Unair yang tidak hanya satu tes saja. Melainkan beberapa masalah penyebab terjadi turunnya tingkat kesehatan mental.
 
Kesehatan mental adalah salah satu isu yang paling disorot dan menjadi persoalan paling sering disuarakan. Masalah kesehatan mental dapat muncul melalui berbagai sebab dan latar belakang seperti keluarga, teman, pekerjaan dan beberapa penyebab lainnya.
 
 
Dilansir dari grhasia.jogjaprov.go.id, kesehatan mental nantinya akan berdampak bagi produktivitas sehari-hari. Selain itu, kesehatan mental juga mempengaruhi diri dalam mengelola stres dan depresi.
 
Namun untuk sekedar melakukan cek kesehatan mental, bisa melalui Google form melalui link berikut ini KLIK DI SINI Peserta diharapkan mampu memberikan jawaban yang jujur mengenai sikap, perilaku, dan perasaan yang Anda alami untuk mendapatkan jawaban terkait kesehatan mental.
 
Namun jika Anda ingin melakukan tes melalui link tes kesehatan mental Unair, dapat melalui link berikut https://airlanggasafespace.com/mental-health-test/. Anda hanya perlu memilih beberapa isu yang mungkin sedikit mempengaruhi kesehatan mental Anda hari ini atau perlu sedikit gambaran terkait hal tersebut.
 
 
Namun kelemahan dari tes berbasis Google form tersebut yakni pendataan yang belum memadai. Hal tersebut menjadikan tidak adanya pendampingan lanjutan bagi orang yang terdiagnosa cemas, depresi, dan stres.
 
Demikian informasi mengenai 2 link tes kesehatan mental Google Form yang viral di TikTok dan tes kesehatan mental dari Unair. Simak penjelasan mengenai tes kesehatan mental tersebut dan cek kesehatan mental di sini secara gratis.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x