Kapan Waktu yang Tepat Untuk Shalat Lailatul Qadar? Ini Tata Cara, Niat, Jumlah Rakaat, dan Bacaan Doa

- 25 April 2022, 09:50 WIB
Ilustrasi - Waktu yang tepat untuk shalat Lailatul Qadar lengkap dengan tata cara, niat, jumlah rakaat, serta bacaan doanya.
Ilustrasi - Waktu yang tepat untuk shalat Lailatul Qadar lengkap dengan tata cara, niat, jumlah rakaat, serta bacaan doanya. /Pexels/michael-burrows
BERITA DIY – Berikut informasi mengenai waktu yang tepat shalat Lailatul Qadar lengkap dengan tata cara, niat, jumlah rakaat, serta bacaan doanya.
 
Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang amat mulia pada Ramadhan. 
Kemuliaan malam itu digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan.
 
Tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatul Qadar terjadi. Namun, Rasulullah SAW sudah mengisyaratkan bahwa malam Lailatul Qadar akan jatuh pada salah satu di antara 10 malam terakhir Ramadhan.
 
 
Ada banyak ibadah yang bisa dilakukan di malam Lailatul Qadar, di antaranya melakukan i'tikaf (berdiam diri di masjid sembari beribadah), membaca Al-quran, bersedekah, hingga shalat malam.
 
Rasulullah SAW mengatakan bagi umat Islam yang menjalankan ibadah shalat malam saat malam Lailatul Qadar maka dosa-dosa di masa lalu akan dihapuskan, sebagaimana ia meriwayatkan:
 
"Sesiapa yang sembahyang pada malam Qadar (Lailatul Qadar) dengan penuh keimanan dan harapan untuk mendapat ganjarannya, maka semua dosa-dosa sebelum ini akan diampunkan." (Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).
 
 
Shalat Lailatul Qadar adalah shalat yang dilaksanakan pada malam Lailatul Qadar saat bulan suci Ramadhan.
 
Berikut tata cara pelaksanaan shalat Lailatul Qadar seperti dikutip oleh Berita DIY dari jabar.nu.
 
Waktu yang tepat melaksanakan shalat Lailatul Qadar ialah mulai dari tanggal 21 Ramadhan sampai akhir Ramadhan dan dilaksanakan setelah shalat Isya atau boleh setelah shalat sunnah tarawih.
 
Sementara niatnya adalah sebagai berikut.
 
 
Niat: أُصَلِّى سُنَّةً لَيْلَةُ الْقَدَرِ رَكْعَتَيْنِ لِلّٰهِ تَعَالَى
 
Usholli sunnatan lailatul qadari rok'ataini (imaaman/makmuuman) lillaahi ta'ala. 
Banyaknya: 4 (Empat) Rakaat (dua kali salam).
 
Bacaannya: Setiap rakaat setelah fatihah membaca surat At-Takastur satu kali dan surat Al-Ikhlas tiga kali. (dalam membaca surat at-takatsur dan al ikhlas baik untuk imam maupun makmum dibacanya di sirrikan/tidak disuarakan). 
 
Setelah selesai shalat, lalu duduk sambil membaca sebanyak-banyaknya:
 
 أَللّٰهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى يَا كَرِيْمُ 
 
Alloohumma innaka 'afuwwun kariim tuhibbul 'afwa fa'fu 'annii yaa kariim.
 
 
Demikianlah informasi mengenai waktu yang tepat shalat Lailatul Qadar lengkap dengan tata cara, niat, jumlah rakaat, serta bacaan doanya.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x