Amalan yang Perlu Dilakukan Pada 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan untuk Meraih Malam Lailatul Qadar

- 21 April 2022, 15:00 WIB
 Ilustrasi amalan 10 hari terakhir Ramadhan. Amalan yang perlu dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk meraih malam Lailatul Qadar.
Ilustrasi amalan 10 hari terakhir Ramadhan. Amalan yang perlu dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk meraih malam Lailatul Qadar. /PEXELS/@Rhyan Stark

BERITA DIY - Simak berikut ini amalan yang perlu dilakukan pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan untuk meraih malam Lailatul Qadar. Malam Lailatul Qadar yang disebut sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan di yakini ada pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Umat muslim dianjurkan untuk mencari malam Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil, hal ini dijelaskan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

“Carilah Lailatul qadar itu pada tanggal ganjil dari 10 hari terakhir bulan Ramadhan”, (H.R. Bukhari).

Baca Juga: Sejarah dan Amalan-Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai Sunnah Nabi Muhammad SAW

Apabila mengacu pada hadis di atas, maka malam Lailatul Qadar diperkirakan ada pada tanggal ganjil di 10 hari terakhir Ramadhan yaitu 21, 23, 25, 27, dan 29.

“Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh beribadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beribadah selain malam tersebut”, (H.R Muslim).

Dikutip BERITA DIY dari laman resmi Kemenag, ada beberapa keutamaan yang terdapat pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sehingga Rasulullah mengencangkan ibadahnya.

Baca Juga: 5 Amalan Malam Nuzulul Qur'an Sesuai dengan Ajaran Rasulullah SAW

Berikut ini beberapa alasan kenapa nabi mengencangkan ibadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x