Tata Cara Sholat Dhuha 4 Rakaat dan Waktu Terbaik saat Ramadhan 2022 Lengkap Doa dan Keutamaan Dhuha

- 20 April 2022, 14:17 WIB
Ilustrasi tata cara, doa, keutamaan, dan waktu terbaik melaksanakan sholat Dhuha di Bulan Ramadhan.
Ilustrasi tata cara, doa, keutamaan, dan waktu terbaik melaksanakan sholat Dhuha di Bulan Ramadhan. /PEXELS/baybiyik

BERITA DIY - Simak tata cara sholat Dhuha 4 rakaat dan waktu terbaik melaksanakannya saat Ramadhan 2022. lengkap dengan doa dan keutamaan Dhuha.

Sholat Dhuhah merupakan salah satu amalan yang dapat dilakukan oleh umat muslim saat bulan Ramadhan.

Sholat ini termasuk salah satu ibadah sunnah yang dilaksanakan sesudah matahari terbit, kurang lebih 7 hasta sampai sebelum masuk sholat dzuhur.

Baca Juga: Meninggal di Bulan Ramadhan Apakah Bebas Siksa Kubur dan Khusnul Khotimah? Ini Keistimewaan dalam Agama Islam

Hukum shalat dhuhah adalah sunnah muakkad. Sementara jumlah rakaatnya yaitu minimal 2 rakaat dan palng banyak 8 rakaat. Sementara itu, Nabi Muhamad SAW sering mengerjakan shalat duha 4 rakaat dengan 2 salam.

Kepada Abu Hurairah, Rasulullah SAW mewasiatkan untuk mengerjakan shalat dhuhah. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, "Diperintahkan kepadaku oleh kekasihku (Rasulullah saw.) untuk berpuasa 3 hari pada tiap-tiap bulan, mengerjakan 2 rakaat sunnah dhuha, dan supaya aku berwitir sebelum tidur" (H.R. Bukhari).

Sebelum melaksanakan sholat Dhuha 4 rakaat, sebaiknya mengetahui tata cara sholat Dhuhah 4 rakaat terlebih dahulu. Simak tata caranya berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Zakat Fitrah, Dalil, Niat, Ketentuan Serta Besaran Zakat Fitrah Menggunakan Beras dan Uang Tunai

Tata cara yang akan berikut ini merupakan tata cara shalat dhuhah 2 rakaat. Sebetulnya tata cara shalat Dhuhah 4 rakaat, 6 rakaat maupun 8 rakaat, polanya serupa sebab shalat sunnah ini dikerjakakan 2 rakaat demi 2 rakaat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x