Buka Puasa Hari Ini 19 April 2022 Jam Berapa? Cara Cek jadwal Sholat, Imsakiyah dan Berbuka Ramadhan 2022

- 19 April 2022, 07:20 WIB
 Ilustrasi Ramadhan, jadwal buka puasa hari ini dan cara cek jadwal sholat, imsakiyah, dan berbuka puasa Ramadhan 2022 dari Kemenag.
Ilustrasi Ramadhan, jadwal buka puasa hari ini dan cara cek jadwal sholat, imsakiyah, dan berbuka puasa Ramadhan 2022 dari Kemenag. /PIXABAY/@Shafin_Protic/161 images

BERITA DIY - Buka puasa hari ini jam berapa? cara cek jadwal sholat, imsakiyah, dan berbuka puasa Ramadhan 2022 dari Kemenag.

Bulan Ramadhan telah memasuki tanggal 17 di tahun 1443 H, yang artinya umat muslim telah menjalani ibadah puasa selama 2 minggu lebih.

Maka dari itu, mengetahui jam buka puasa, imsakiyah, dan jadwal sholat hari ini menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat berbuka dan melaksanakan sholat tepat waktu.

Baca Juga: Buka Puasa Hari ini Jogja Jam Berapa? Jadwal Sholat Magrib 18 April 2022 di Semarang, Bandung, Jakarta, Medan

Sebagaimana diketahui, wilayah Indonesia terbagi atas beberapa zona waktu yang berbeda di tiap wilayah.

Perbedaan zona waktu di Indonesia ini kemudian membuat jadwal buka puasa, imsakiyah, dan jadwal sholat fardlu di masing-masing wilayah juga berbeda.

Selain berbeda dalam zona waktu tiap wilayah atau daerah, jadwal buka puasa, imsakiyah, dan sholat fardlu di satu daerah juga berbeda setiap harinya.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 16 April 2022: Jam Adzan Maghrib Jakarta, Medan, Jogja, dan Kota Besar Lainnya

Sehingga, untuk  mengetahui jadwal buka puasa, imsakiyah, dan sholat fardhu di tiap daerah harus mengeceknya secara langsung melalui sumber terpercaya seperti Kemenag.

Mengetahui jadwal buka puasa hari ini jam berapa dan jadwal sholat fardlu menjadi penting lantaran menyegerakan melakukan ibadah merupakan sunnah tersendiri.

Sebagai contoh, menyegerakan berbuka puasa merupakan salah satu amalan sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan.

Sunnah dalam menyegerakan berbuka merupakan sabda Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Allah SWT berfirman, ‘Sesungguhnya orang yang paling Aku cintai di antara hamba-hamba-Ku ialah orang yang paling segera berbuka’”.

Baca Juga: Buka Puasa Jam Berapa Hari Ini 17 April 2022, Jadwal Maghrib di Bandung, Jakarta, Semarang hingga Yogyakarta

Untuk itu, Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) kini sudah menyediakan info lengkap jadwal imsakiyah dan sholat lima waktu (termasuk waktu maghrib atau waktu buka puasa).

Waktu buka puasa, imsakiyah, dan jadwal sholat fardlu bisa diakses bebas oleh seluruh masyarakat Indonesia di setiap kabupaten/kota di 34 provinsi.

Selain melihat langsung detail jadwal imsakiyah di situs resmi Bimas Islam, masyarakat juga bisa mengunduh dokumen jadwal imsakiyah itu. Unduhan itu dalam bentuk file excel

Baca Juga: Jadwal Acara TV Trans7 Hari Ini Senin 18 April 2022: Jam Tayang Pas Buka yang Temani Anda Sebelum Buka Puasa

Berikut cara cek jadwal buka puasa, imsakiyah, dan jadwal sholat fardlu di situs Bimas Kemenag:

1. Buka link bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah
 
2. Pilih provinsi, kota/kabupaten, dan tahun 1443 H/2022 M

3. Klik ikon tanda search (akan muncul keterangan 'Proses Data')

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini 17 April 2022 Wilayah Yogyakarta: Bantul, Jogja, Kulon Progo, Gunungkidul, Sleman

4. Lalu, jadwal imsakiyah sejak tanggal 1-30 Ramadhan 1443 akan keluar

5. Untuk unduh jadwal imsakiyah, klik ikon awan berwarna hijau (ada keterangan 'Export Excel')

6. Setelah itu, file excel berisi jadwal imsakiyah per kabupaten/kota akan terunduh otomatis.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x