Jenis Air yang Boleh dan Tidak Boleh Digunakan untuk Wudhu, Suci Belum Tentu Mensucikan

- 13 April 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Jenis air yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk wudhu, air cuci belum tentu mensucikan, penting agar wudhu dan sholat menjadi sah.
Ilustrasi - Jenis air yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk wudhu, air cuci belum tentu mensucikan, penting agar wudhu dan sholat menjadi sah. /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY - Jenis air yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk wudhu, air cuci belum tentu mensucikan, perhatihan hal ini agar wudhu dan sholat menjadi sah.

Bagi umat islam, wudhu merupakan hal yang harus dilakukan saat akan melaksanakan sholat. Apabila seseorang tidak wudhu maka sholat yang dilaksanakannya menjadi tidak sah.

Tidak semua jenis air dapat digunakan untuk wudhu. Jenis air yang boleh digunakan untuk berwudhu dan tidak boleh digunakan akan dijelaskan pada artikel ini.

Baca Juga: Hukum Air Wudhu Tertelan Saat Puasa Ramadhan, Puasa Bisa Batal?

Berwudhu termasuk dalam thaharah yang berarti suci dan bersih, baik suci dari kotoran lahir maupun suci dari kotoran batin. Kotoran batin dapat berupa sifat maupun perbuatan tercela.

Dikutip BERITA DIY dari laman muhammadiyah.or.id pada 13 April 2022, thaharah adalah mensucikan diri dari najis dan hadast yang menghalangi sholat dan ibadah-ibadah sejenisnya dengan air atau tanah, atau batu.

Sebelum melaksanakan ibadah sholat, pastikan pakaian dan tempat yang digunakan juga harus suci. Ada beberapa jenis alat yang dapat digunakan untuk bersuci yaitu air, debu, batu, atau benda pada lainnya (bisa dengan tisu, daun) yang tidak terbuat dari najis atau kotoran.

Baca Juga: Bacaan Niat Wudhu dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya: Lengkap dengan Doa Setelah Wudhu

Namun tidak semua jenis air dapat digunakan untuk bersuci atau wudhu. Berikut adalah jenis air yang boleh digunakan untuk wudhu, dikutip dari laman muhammadiyah.or.id.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x