Update Demo Mahasiswa 11 April 2022: Ini Perbedaan dan Sejarah Lahirnya BEM Nusantara dan BEM SI

- 11 April 2022, 12:40 WIB
Ilustrasi - Update demo mahasiswa 11 April 2022 tentang perbedaan dan sejarah lahirnya BEM Nusantara dan BEM SI lengkap anggota dan ketuanya.
Ilustrasi - Update demo mahasiswa 11 April 2022 tentang perbedaan dan sejarah lahirnya BEM Nusantara dan BEM SI lengkap anggota dan ketuanya. /Tangkap Layar Instagram.com/ @bemnusofficial

BERITA DIY – Berikut update demo mahasiswa 11 April 2022 yang menjelaskan mengenai perbedaan dan sejarah antara BEM Nusantara dan BEM SI.

Hari ini, mahasiswa dari aliansi BEM Seluruh Indonesia (SI) mengadakan demo besar-besaran yang berpusat di Jakarta. Yang awalnya akan berpusat pada Istana Negara, tetapi kemudian bergeser ke Gedung DPR RI.

Tetapi beredar isu mengenai BEM Nusantara bertemu dengan mantan Panglima ABRI serata mantan Menkopolhukam, Wiranto. Dan sampai saat ini, 11 April 2022, BEM Nusantara belum mengeluarkan rilis resmi ikut demo pada hari ini atau tidak.

Baca Juga: Ada Mahasiswa Dibanting? Ini Update Aksi Demo Mahasiswa 11 April 2022: Tentang Apa dan Tuntutan Penyebab Demo

Dari informasi tersebut, warganet penasaran dengan perbedaan antara BEM SI dan BEM Nusantara.

Sebagai informasi, BEM adalah singkatan dari Badan Eksekutif Mahasiswa, salah satu organisasi resmi intra kampus dibawah naungan perguruan tinggi, baik itu swasta atau negeri. Bahkan organisasi ini memiliki landasan hukum yang termaktub dalam UU No. 12 Tahun 2021 tentang Perguruan Tinggi.

Tidak hanya itu, BEM juga berlandaskan kepada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi. Keputusan ini menjadi pedoman seluruh organisasi kemahasiswa seluruh kampus di Indonesia.

Baca Juga: Demo Mahasiswa Hari Ini Jakarta 11 April 2022: Ini Isi Tuntutan BEM SI, Benarkah Pindah Lokasi?

Setidaknya BEM ada dua tingkatan, yakni BEM Fakultas dan BEM Universitas. BEM Fakultas menaungi beberapa jurusan yang ada di kampus tertentu, sedangkan BEM Universita adalah organisasi yang menaungi beberapa BEM Fakultas di kampus tertentu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x