Pengertian Lailatul Qadar: Kapan Terjadi, Keistimewaan, dan Adakah Amalan Khusus di Malam Lailatul Qadar?

- 10 April 2022, 13:15 WIB
Ilustrasi - pengertian apa itu Lailatul Qadar, kapan terjadi, keistimewaan, dan apakah ada amalan khusus di malam Lailatul Qadar.
Ilustrasi - pengertian apa itu Lailatul Qadar, kapan terjadi, keistimewaan, dan apakah ada amalan khusus di malam Lailatul Qadar. /PIXABAY/mucahityildiz

BERITA DIY - Berikut informasi pengertian apa itu Lailatul Qadar, kapan terjadi, keistimewaan, dan apakah ada amalan khusus di malam Lailatul Qadar.

Pada bulan Ramadahan terdapat salah satu malam yang begitu istimewa dan dinanti-nantikan oleh umat muslim. Malam tersebut adalah malam Lailatul Qadar.

Dalam Al Quran Surat Al Qadr ayat tiga dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik daripada seribu bulan.

Baca Juga: Kapan Lailatul Qadar Terjadi? Ini Penjelasan dan Tanda-Tanda Hadirnya Malam Lebih Baik dari 1000 Bulan

Sementara pada ayat empat dan lima dijelaskan bahwa pada malam Lailatul Qadar Allah SWT memberikan izin kepada malaikat Jibril turun ke bumi dan memudahkan semua urusan umat muslim.

Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam yang istimewa karena menjadi waktu pertama kali turunnya Al Quran ke muka bumi.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Annas, Rasulullah SAW pernah bersabda:

"Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan." (HR. Al Baihaqi)

Baca Juga: Lailatul Qadar: Pengertian, Kapan Terjadi, dan Begini Cara Imam Al Ghazali Mencari Malam Lailatul Qadar

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x