Lailatul Qadar: Pengertian, Kapan Terjadi, dan Begini Cara Imam Al Ghazali Mencari Malam Lailatul Qadar

- 10 April 2022, 10:30 WIB
Ilustrasi Lailatul Qadar, pengertian Lailatul Qadar, kapan terjadinya, dan cara  Imam Al Ghazali   mencari malam Lailatul Qadar.
Ilustrasi Lailatul Qadar, pengertian Lailatul Qadar, kapan terjadinya, dan cara Imam Al Ghazali mencari malam Lailatul Qadar. /PIXABAY/@Bru-nO/5508 images

BERITA DIY - Berikut informasi pengertian lailatul qadar, kapan terjadi, dan cara Imam al-Ghazali mencari lailatul qadar .

Lailatul Qadar atau malam kemuliaan adalah satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan, hal itu tersebut dalam Al-Quran surah Al-Qadr:3.

Malam lailatul qadar adalah malam yang penuh berkah, malam yang mulia, dan memiliki keistimewaan-keistimewaan tersendiri.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar 2022, Doa Amalan, dan Keutamaannya pada Bulan Ramadhan

Lalu apa arti lailatul qadar sebenarnya? Berikut Pengertian lailatul qadar dikutip dari jatim.nu.or.id.

Syaikh Muhammad Abduh memaknai kata "al-Qadar" dengan kata "takdir".

Syaikh Muhammad Abduh berpendapat demikian, karena Allah SWT, pada malam itu mentakdirkan agama-Nya dan menetapkan khittah untuk Nabi-Nya, dalam menyeru umat manusia ke jalan yang benar.

Kata "al-Qadar" diartikan juga "al-Syarf" yang artinya mulia (kemuliaan dan kebesaran).

Maksudnya Allah SWT, telah mengangkat kedudukan Nabi-Nya pada malam Qadar itu dan memuliakannya dengan risalah dan membangkitkannya menjadi Rasul terakhir.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x