Cara Berdzikir yang Benar Menurut Rasulullah dan Dilakukan Selepas Ibadah Sholat: Apa Hukum Melakukannya?

- 6 April 2022, 17:00 WIB
Bacaan dan hukum berdzikir atau dzikir selepas shalat wajib tuntunan Rasulullah Nabi Muhammad SAW.
Bacaan dan hukum berdzikir atau dzikir selepas shalat wajib tuntunan Rasulullah Nabi Muhammad SAW. /PIXABAY/@chiplanay

BERITA DIY - Inilah bacaan atau berdzikir yang benar dan dapat dilakukan setelah menjalankan ibadah shalat seperti yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Membaca kalimat kalimat pujian dan doa salah satunya adalah dengan berdzikir dianjurkan untuk dilakukan bagi ummat Islam dalam berbagai waktu-waktu tertentu.

Salah satu waktu yang dianjurkan untuk membaca atau berdzikir sendiri ialah ketika seorang muslim telah menyelesaikan ibadah shalat baik wajib maupun sunnah.

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi Selepas Shalat Dhuha, Doa Pembuka Pintu Rezeki Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan

Seperti yang dianjurkan bahwa ummat Islam yang telah selesai menjalankan ibadah shalat lebih baik untuk duduk terlebih dahulu bermunajat dibanding langsung pergi.

Sementara hukum membaca atau berdzikir setelah menjalankan ibadah shalat wajib sendiri ialah sunnah atau baik untuk dilakukan dan mendapat pahala namun juga tak apa jika tak melakukannya.

Lantas seperti apakah tuntunan dalam berdzikir sesuai yang telah diajarkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW selepas menjalankan ibadah shalat wajib atau fardhu?

Baca Juga: Idul Fitri 2022 Kapan? Ini Jadwal Libur dan Cuti Bersama Lebaran yang Akan Diputuskan dalam SKB 3 Menteri

Jawaban mengenai seperti apakah sebenarnya bacaan berdzikir yang dianjurkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW tersebut dapat diketahui dari beberapa hadist yang diriwayatkan.

Mengutip dari laman resmi jatim.nu.or.id menjelaskan terdapat sejumlah hadist shahih yang diriwayatkan dan memuat cara berdzikir sesuai yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x