Amalan Serta Doa Harian Ramadhan Malam Keempat, Kelima, dan Keenam

- 6 April 2022, 14:24 WIB
 Ilustrasi - berikut amalan dan doa yang bisa dipanjatkan untuk malam keempat, kelima, dan keenam Ramadhan.
Ilustrasi - berikut amalan dan doa yang bisa dipanjatkan untuk malam keempat, kelima, dan keenam Ramadhan. / PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Simak sederet amalan dan doa harian yang bisa dipanjatkan saat malam keempat, kelima, dan keenam bulan Ramadhan.

Perlu diketahui, doa-doa yang dipanjatkan ketika bulan Ramadhan dipercaya mustajab melebihi hari-hari biasanya. 

Sementara amalan-amalan yang dilakukan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT. Hal ini karena doa dan amalan tersebut dikerjakan saat bulan suci Ramadhan.

Baca Juga: 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan Dapat Pelebur Dosa Sesuai dengan Ajaran Rasulullah, Lengkap dengan Dalilnya

Seperti diketahui, bulan Ramadhan merupakan bulan yang memiliki banyak keistimewaan. Terutama bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh pada bulan tersebut.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang diriwayakan oleh Ummi Hani’ binti Abi Thalib karramallahu wajhah dan dicatat Imam at-Thabrani dalam kitab Mu’jamus Shagir.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (إِنَّ أُمَّتِيْ لَمْ يَخِزُّوْا مَا أَقَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ). قِيْلَ يَا رَسُوْلَ الله وَمَا خَزِيُهُمْ فِي إِضَاعَةِ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ قال: (اِنْتِهَاكُ الْمَحَارِمِ فِيْهِ مِنْ زِنَا فِيْهِ أَوْ شَرِبَ فِيْهِ خَمْرًا لَعَنَهُ اللهًُ وَمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ إِلَى مِثْلِهِ مِنَ الْحَوْلِ فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ رَمَضَانُ لَمْ تَبْقَى لَهُ عِنْدَ اللهِ حَسَنَةٌ يتقي بها النار فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ).

Artinya, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, ‘Sesungguhnya umatku tidak akan terhina, selama mereka mendirikan bulan Ramadhan.’ Sahabat bertanya: ‘Wahai Rasulullah, apa bentuk kehinaan mereka dalam menyia-nyiakan bulan Ramadhan?’ Rasulullah menjawab, ‘Pelanggaran terhadap hal-hal yang haram pada bulan Ramadhan, seperti zina atau minum khamar. Allah dan para malaikat melaknatnya hingga tahun berikutnya. Jika ia meninggal sebelum bulan Ramadhan berikutnya, maka ia tidak mempunyai kebaikan apa pun di sisi Allah yang bisa menyelamatkannya dari neraka. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap bulan Ramadhan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipat gandakan” (Imam at-Thabrani, al-Mu’jamus Shagir, juz 2, h. 16).

Baca Juga: Teks Ceramah Singkat Ramadhan Tentang 5 Amalan Utama di Bulan Ramadhan untuk Kultum Tarawih dan Berbuka

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Youtube.com/Islam Terkini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x