Buka Puasa dan Shalat Maghrib, Mana yang Dilakukan Terlebih Dahulu? Ini Penjelasan dan Hukum Melaksanakannya

- 6 April 2022, 16:00 WIB
Ilustrasi - Penjelasan buka puasa atau shalat Maghrib yang terlebih dahulu dilakukan serta hukum melaksanakannya.
Ilustrasi - Penjelasan buka puasa atau shalat Maghrib yang terlebih dahulu dilakukan serta hukum melaksanakannya. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Penjelasan mengenai mana yang terlebih dahulu dilakukan apakah Shalat Maghrib atau Buka puasa Ramadhan, lengkap dengan hukum dalam menjalankannya.

Waktu buka puasa Ramadhan memang selalu dinantikan oleh ummat Islam untuk dapat segera menyantap makanan atau minuman yang sebelumnya telah disediakan atau disiapkan pada sebelumnya.

Melaksanakan buka puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun yang harus dan wajib untuk dilaksanakan pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan untuk membatalkan ibadah yang telah dijalani sepanjang hari.

Baca Juga: Jadwal Imsak dan Buka Puasa Hari Ini 6 April 2022 di Jogja, Bantul, Sleman, Kulon Progo dan Sekitarnya

Sedangkan waktu untuk buka puasa Ramadhan ini sendiri memiliki waktu yaitu sama dengan pelaksanaan shalat Maghrib, atau mulai dapat dilaksanakan ketika telah mendengan Adzan nantinya.

Bertepatannya waktu buka puasa Ramadhan yang ditandai dengan mulai berkumandangnya Adzan untuk menjalankan ibadah shalat Maghrib membuat kemudian muncul pertanyaan mana yang dapat dilakukan terlebih dahulu.

Terkait dengan pernyataan seperti mana yang dapat dilakukan terlebih dahulu apakah buka puasa Ramadhan atau shalat Maghrib, muncul berbagai penjelasan terkait dengan perdebatan tersebut.

Baca Juga: Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah di Ramadhan Lengkap Arab, Latin Terjemahan dan 8 Golongan Penerima Zakat

Mengenai penjelasan waktu manakah yang dapat dilakukan terlebih dahulu antara buka puasa Ramadhan ataupun Shalat Maghrib ini sendiri dapat merujuk salah satunya kepada hadist shahih yang membahasnya.

Salah satu hadist yang membahasnya adalah pada hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslin mengenai perbandingan kapan terlebih dahulu apakah makan buka puasa atau melaksanakan shalat Maghrib sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah