Tips Cara Memilih Makanan Sahur agar Tak Lemas saat Puasa Ramadhan 2022

- 5 April 2022, 11:30 WIB
ilustrasi makanan, tips cara memilih makanan sahur agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022.
ilustrasi makanan, tips cara memilih makanan sahur agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022. /PIXABAY/silviarita/671 images

BERITA DIY - Berikut informasi tips cara memilih makanan saat sahur agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022.

Saat ini banyak yang bertanya tips cara memilih makanan sahur agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022.

Rasa lapar dan tubuh lemas saat menjalankan puasa Ramadhan merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang.

Baca Juga: 3 Link Download Suara Kuntilanak Menangis dan Ketawa Seram Asli MP3 untuk Alarm Sahur Puasa Ramadhan

Sebab, asupan makanan yang tak sesuai ternyata bisa menyebabkan kita lemas dan mudah merasa lapar saat menjalankan puasa Ramadhan meski sudah sahur.

Untuk itu, saat sahur kita tak hanya sekedar makan saja, namun perlu memperhatikan asupan makanan agar tubuh tidak lemas selama menjalani ibadah puasa.

Dikutip dari laman ugm.ac.id, Ahli Gizi UGM, Aviria Ermamilia, S.Gz., M.Gizi.,RD., membagikan sejumlah tips memilih makan sahur yang tepat agar tubuh tidak merasa lemas dan lapar selama puasa.

Baca Juga: Kapan Batas Waktu Sahur, Berakhir pada Imsak atau Adzan Subuh? Ini Penjelasan Makan dan Minum Menjelang Subuh

Dosen Departemen Gizi dan Kesehatan FKKMK UGM ini menjelaskan saat makan sahur sebaiknya kita memilih makanan yang lambat dicerna.

Makanan yang lambat dicerna itu misalnya, karbohidrat sebaiknya memilih karbohidrat kompleks. Beberapa di antaranya seperti nasi merah, roti gandum, dan oat.

“Karbohidrat kompleks memerlukan waktu yang lama untuk dipahami sehingga membantu menjaga rasa puas lebih lama saat istirahat,” katanya.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Menu Sahur Simpel, Enak, dan Praktis Dibuat untuk Ramadhan: Tak Perlu Banyak Bahan

Selain itu, aviria menambahkan untuk tetap mengkonsumsi protein seperti kacang-kacangan, daging, dan ikan. Lalu, makanan kaya serat dari sayur dan buah-buahan serta konsumsi air putih dalam jumlah cukup.

Makanan berserat dikatakan Aviria memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama untuk kebugaran karena menahan udara dan memberikan rasa kenyang.

Saat sahur juga upayakan untuk membatasi makanan yang tinggi garam dan makanan awetan. Sebab, makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa meningkatkan intensitas rasa.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Menu Sahur Simpel, Enak, dan Praktis Dibuat untuk Ramadhan: Tak Perlu Banyak Bahan

"Hindari makanan tinggi natrium/garam dan awetan makanan asupan garam yang terlalu tinggi menjadikan tubuh menarik cairan dari sel dan ini akan menyebabkan dehidrasi," ungkapnya lagi.

Avira juga menjelaskan bahwa waktu terbaik untuk makan sahur ternyata adalah menjelang atau mendekati waktu imsak

“Upayakan makan sahur mendekati waktu imsak dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang ada karbohidrat, protein, sayur dan buah,” ujarnya.

Baca Juga: 30 Rekomendasi Menu Sahur Simpel, Enak, dan Praktis Dibuat untuk Ramadhan: Tak Perlu Banyak Bahan

Ia juga menyarankan untuk menghindari minuman dengan efek diuretik atau memicu buang air kecil seperti teh, kopi, dan minuman bersoda saat sahur. Dengan begitu dapat terhindar dari dehidrasi saat beraktivitas.

Itulah informasi tips cara memilih makanan saat sahur agar tidak lemas saat menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x