Kapan Batas Waktu Sahur, Berakhir pada Imsak atau Adzan Subuh? Ini Penjelasan Makan dan Minum Menjelang Subuh

- 4 April 2022, 02:00 WIB
Ilustrasi - Simak batas waktu akhir sahur puasa Ramadhan, makan dan minum saat masuk Imsak atau Adzan Subuh apa boleh.
Ilustrasi - Simak batas waktu akhir sahur puasa Ramadhan, makan dan minum saat masuk Imsak atau Adzan Subuh apa boleh. /Pixabay/jette55

BERITA DIY - Penjelasan kapan sebenarnya batas waktu menyantap makan dan minum saat sahur, apakah berakhir pada waktu Imsak atau Adzan Subuh.

Salah satu tata cara yang diwajibkan untuk dijalankan dalam rangka puasa termasuk pada Ramadhan kali ini adalah dengan menyantap hidangan makan atau minum pada saat masuk waktu sahur.

Pada saat menyantap makan dan minum sahur tersebut merupakan salah satu waktu yang akan diberikan keberkahan oleh Allah SWT, selain beberapa waktu-waktu lain pada saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Baca Juga: Terapkan 7 Tips Ini bagi Ibu Menyusui biar Puasa Ramadhan Lancar dan Kebutuhan ASI Bayi Terpenuhi

Waktu dalam rangka melaksanakan sahur sendiri memiliki batas waktu, seperti yang banyak diketahui bahwa dalam menyantap hidangan tersebut dapat dilakukan sebelum masuk pada waktu puasa.

Meski demikian, masih banyak pertanyaan mengenai kapan sebenarnya waktu sahur tersebut berakhir, dan harus disudahi pada saat masuk ke dalam waktu menjalankan ibadah puasa dengan menahan hawa nafsu.

Beberapa pertanyaan yang muncul mengenai batas akhir waktu dalam menyantap sahur tersebut, seperti apakah berakhir pada waktu masuknya Imsak ataukah pada saat mulai berkumandang Adzan Subuh.

Baca Juga: Jadwal Sholat saat Ramadhan 2022: Waktu Imsakiyah, Dhuha dan Buka Puasa di Yogyakarta, Semarang hingga Jakarta

Mengenai penjelasan batas waktu berakhirnya santap sahur tersebut, dapat diketahui berdasarkan penjelasan yang diberikan melalui laman resmi jatim.nu.or.id dalam salah satu artikelnya.

Disebutkan dari sumber tersebut, bahwa batas waktu berakhir santap sahur sendiri dapat dilakukan yaitu pada saat matahari mulai terbit atau juga disebut dalam waktu saat fajar mulai terbit dan tampak.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x