Biodata BM Diah, Suami Siti Latifah Herawati Diah yang Jadi Google Doodle, Keluarga, Pendidikan, dan Peran

- 3 April 2022, 14:30 WIB
Biodata BM Diah, suami Siti Latifah Herawati Diah yang jadi google doodle, keluarga, pendidikan, dan peran.
Biodata BM Diah, suami Siti Latifah Herawati Diah yang jadi google doodle, keluarga, pendidikan, dan peran. /Tangkap Layar residen.perpusnas.go.id
BERITA DIY - Berikut profil dan biodata BM Diah, sosok yang menjadi suami Siti Latifah Herawati Diah yang jadi google doodle. Simak selengkapnya dari anak, keluarga, pendidikan, dan peran atau kontribusinya terhadap bangsa Indonesia. 
 
BM Diah merupakan kependekan dari nama lengkap yang dimiliki olehnya yakni Burhanuddin Muhammad Diah. Ia lahir pada 7 April 1917 di Kota Kutaraja Banda Aceh. 
 
BM Diah memiliki latar belakang pendidikan yang cukup tinggi semasa hidupnya. Ia pernah menempuh pendidikan di HIS Kutaraja Aceh, Taman Siswa di Medan, Sekolah Dagang Middlebaar National Handel Collegium di Bandung, dan yang terakhir yakni Sekolah Jurnalistik Ksatria Institut Dr. E.E. Douwes Dekker di Bandung.
 
 
Sepanjang perjalanan karier yang dimiliki oleh BM Diah, ternyata ia merupakan sosok penting yang berkontribusi terhadap bangsa Indonesia. Tercatat ia pernah menjadi seorang sekretaris pribadi Douwes Dekker atau yang biasa disebut Multatuli.
 
Selain itu, BM Diah sempat juga menjadi seorang duta besar RI. Puncak kariernya adalah ketika BM Diah diberikan tanggung jawab sebagai seorang Menteri Penerangan. 
 
Namun jabatan tersebut hanya Ia jalankan selama satu tahun yakni pada masa kabinet Ampera 2. Hal tersebut terjadi pada masa kerja tahun 1967-1968.
 
 
BM Diah diketahui memiliki dua orang istri yang ia nikahi semasa hidupnya. Selain Siti Latifah Herawati Diah, ia menikah kembali secara diam-diam ketika berada di Bangkok Thailand. 
 
BM Diah memiliki tiga orang anak dari pernikahannya bersama dengan Siti Latifah Herawati Diah. Ia memiliki dua orang anak perempuan dan seorang laki-laki yang bernama Norman Diah yang juga mertua dari aktris Shelomita Diah. 
 
Siti Latifah Herawati Diah saat ini tengah viral lantaran menjadi foto utama google doodle. Ia dikenang sebagai salah satu tokoh yang gigih membela dan memperjuangkan hak-hak perempuan. 
 
 
Hal tersebut dilakukan melalui berbagai gerakan yang dibentuk olehnya yakni Gerakan Pemberdayaan Swara Perempuan. Selain itu ia aktif pula dalam kegiatan advokasi bahkan menjadi salah satu komisioner pertama Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Komnas Perempuan. 
 
Siti Latifah Herawati Diah termasuk orang yang sangat peduli dengan budaya dan sejarah di Indonesia. Ia adalah orang yang memiliki peran penting dalam upaya agar Candi Borobudur masuk dalam warisan budaya.
 
 
Demikian informasi mengenai profil dan biodata BM Diah. Suami dari Siti Latifah Herawati Diah yang saat ini menjadi google doodle. Simak selengkapnya dari keluarga, pendidikan, dan perannya terhadap bangsa Indonesia.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah