Google Doodle Hari Ini: Profil Ibu Siti Latifah Herawati Diah yang Ulang Tahun ke-105

- 3 April 2022, 08:00 WIB
Berikut profil Herawati Diah yang muncul di Google Doodle hari ini, Minggu, 3 April 2022.
Berikut profil Herawati Diah yang muncul di Google Doodle hari ini, Minggu, 3 April 2022. /google.com

BERITA DIY - Simak profil Ibu Siti Latifah Herawati Diah yang muncul di Google Doodle hari ini, Minggu, 3 April, dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke -105.

Ada yang unik pada tampilan Google Doodle hari ini. Tampak sosok seorang wanita yang dikenal dengan Ibu Siti Latifah Herawati Diah. Google mempersembahkan hari ulang tahun beliau yang sudah mencapai lebih dari 1 abad.

Lalu siapakah figur Ibu Siti Latifah Herawati Diah yang menghiasi beranda Google hari ini? Berikut profil meliputi karier, karya, dan informasi menarik lainnya tentang beliau.

Baca Juga: Profil Arief Rosyid, Dipecat dari DMI Diduga Palsukan Tanda Tangan Jusuf Kalla: Biodata, Karier, dan IG

Siti Latifah Herawati Diah atau sering disebut dengan Herawati Diah adalah seorang wartawan wanita Indonesia yang lahir di Tanjung Pandan, Belitung, pada tanggal 3 April 1917 dan meninggal dunia 30 September 2016 lalu.

Selain itu, ia adalah istri dari tokoh pers dan juga merupakan mantan Menteri Penerangan pada era Soekarno, yakni Burhanuddin Mohammad Diah.

Siti Latifah bukan dari keluarga sembarangan. Pada masa penjajahan Belanda, ayahnya, Raden Latip, merupakan seorang dokter dan ibunya bernama Siti Alimah.

Baca Juga: Simak Profil dan Biodata Maudy Ayunda Jubir Presidensi G20 Indonesia: IG, Karier, Usia dan Pendidikan

Saat itu, kaum pribumi sulit untuk mendapatkan pendidikan, namun Herawati Diah beruntung mengenyam pendidikan tinggi di Europeesche Lagere Schools (ELS) di Jakarta hingga melanjutkan ke American High School di Jepang.

Tak sampai di situ, sang ibu mendukung jenjang pendidikan putrinya hingga sampai ke Negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Herawati Diah mengambil jurusan sosiologi di Bernard College yang bekerjasama dengan Universitas Columbia, New York.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x