2 Ibadah Penghapus Dosa yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan: Penjelasan, Dalil, dan Keutamaannya

- 3 April 2022, 14:15 WIB
ilustrasi puasa Ramadhan, 2 ibadah penghapus dosa yang hanya ada di bulan Ramadhan beserta dalil lengkap dan keutamaannya
ilustrasi puasa Ramadhan, 2 ibadah penghapus dosa yang hanya ada di bulan Ramadhan beserta dalil lengkap dan keutamaannya / FREEPIK/Rawpixel.com

BERITA DIY - Simak penjelasan dua ibadah penghapus dosa yang hanya ada di bulan Ramadhan, pahami dalil dan keutamaannya di bawah ini.

Ramadhan memberikan tambahan keistimewaan dalam banyak hal, Salah satunya adalah dengan dilipatgandakannya kebaikan.

Keistimewaan di bulan Ramadhan lainya adalah adanya ibadah-ibadah khusus yang tidak ditemui pada bulan-bulan lainnya.

Baca Juga: Hukum Meninggalkan Shalat 5 Waktu dengan Sengaja: Apakah Termasuk dalam Dosa Besar? Ini Penjelasannya

Ibadah khusus dan istimewa yang hanya ada di bulan Ramadhan ini tentunya menjadi momentum setiap muslim untuk meningkatkan iman dan ketaqwaannya kepada AllaH SWT.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, manusia tidak lepas dari yang namanya dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar.

Hal itu menjadi wajar, sebab, hanya Nabi Muhammad SAW sajalah yang maksum atau terjaga dari perbuatan dosa.

Baca Juga: Tanggal 15 Maret 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Pengakuan Dosa dan Hari Hak Konsumen Sedunia

Perlu diketahui, bahwa sebanyak apapun dosa yang diperbuat, selama tidak menyekutukan Allah, maka Allah akan berkenan mengampuninya. Ketahuilah bahwa Allah Maha Kasih Sayang dan Maha Pengampun.

Ramadhan dengan segala keistimewaannya menjadi momentum yang bagus untuk  meminta ampun atas dosa yang telah diperbuat kepada Allah SWT.

Berikut dua ibadah di bulan Ramadhan yang bisa dilakukan untuk meminta ampun atas dosa-dosa yang  diperbuat di bulan sebelumnya dikutip dari jatim.nu.or.id:

Baca Juga: Bacaan Istighfar Penghapus Dosa Besar, Lengkap Arab, Latin, Beserta Artinya dalam Bahasa Indonesia

1. Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib di bulan Ramadhan untuk menahan diri dari segala hal yang akan membatalkannya sejak terbit fajar sampai terbenam matahari.

Ibadah puasa Ramadhan dapat menjadi ibadah untuk menebus dosa-dosa  kepada Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang ada di dalam kitab Sunan Ibnu Majah pada bab Al-Shiyam, nomor 1631 sebagai berikut:

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Baca Juga: Sudjiwo Tedjo Tanggapi Kasus OTT Pejabat: Dosa Terbesar Mereka adalah Membuat Kita Merasa Suci

Artinya:

Dari Abu Bakar bin Abi Syaibah dari Muhammad bin Fudhail dari Yahya bin Sa'id dari Abi Salamah dari Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan niat karena Allah dan mengharap pahala dari Allah, akan diampuni dosanya di masa lampau.

2. Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah ibadah yang hanya ada di bulan Ramadhan saja,selama ini banyak orang yang biasanya menyepelekan tarawih, dengan alasan hukum sholat tersebut sunah.

Padahal tarawih adalah sebagai pelengkap agar dosa diampuni Allah secara sempurna sehingga kita ibarat bayi yang baru lahir tanpa dosa.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha saat Ramadhan Lengkap: Waktu Menjalankan, Bacaan Doa, Berapa Rakaat dan Manfaat

Hal ini dijelaskan Rasulullah SAW yang terdapat di dalam kitab Musnad Ahmad bin Hambal pada bab Musnad al-Mubsyirin bil Jannah nomor 1572  sebagai berikut:

حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ مَوْلَى بَنِي هَاشِمٍ حَدَّثَنَا الْقَاسِمُ بْنُ الْفَضْلِ حَدَّثَنَا النَّضْرُ بْنُ شَيْبَانَ قَالَ لَقِيتُ أَبَا سَلَمَةَ بْنَ عَبْدِ الرَّحْمَنِ قُلْتُ حَدِّثْنِي عَنْ شَيْءٍ سَمِعْتَهُ مِنْ أَبِيكَ سَمِعَهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ قَالَ نَعَمْ حَدَّثَنِي أَبِي عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فَرَضَ صِيَامَ رَمَضَانَ وَسَنَنْتُ قِيَامَهُ فَمَنْ صَامَهُ وَقَامَهُ احْتِسَابًا خَرَجَ مِنْ الذُّنُوبِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

Artinya:

Dari Abu Sa'id maula bani Haysim dari al-Qasim bin al-Fadhl dari Al-Nadhar bin Syaiban berkata bahwa ia bertemu dengan Aba Salamah bin Abdirrahman bahwa ia mendengar dari bapaknya dari Rasulullah SAW pada bulan Ramadhan yang berkata: Sungguh Allah mewajibkan puasa Ramadhan dan aku (Rasulullah) menganjurkan (men-sunnahkan) melakukan shalat tarawih. Karena itu, siapa yang berpuasa Ramadhan dan shalat tarawih hanya mengharap pahala dari Allah, maka akan diampuni dosanya seperti ketika dilahirkan ibunya.

Baca Juga: Bacaan Doa Buka Puasa, Jadwal Buka Puasa dan Imsakiyah Hari Ini Minggu, 3 April 2022 di 34 Provinsi Indonesia

Demikian penjelasan mengenai dua ibadah penghapus dosa yang hanya ada di bulan Ramadhan, pahami dalil dan keutamaannya agar mendapat keridhoan Allah SWT.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah