Cara Membuat Rawon Daging Sapi Sederhana, Empuk dan Gurih untuk Menu Buka Puasa Ramadhan

- 3 April 2022, 12:41 WIB
ilustrasi - Rawon merupakan makanan khas Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu yang khas menggunakan kluwek.
ilustrasi - Rawon merupakan makanan khas Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu yang khas menggunakan kluwek. /Instagram.com/@rinihasrita

BERITA DIY – Berikut merupakan cara membuat rawon dengan daging sapi yang empuk dan gurih sebagai menu buka puasa bagi keluarga di bulan Ramadhan.

Ketika puasa Ramadhan tiba, tidak sedikit para ibu rumah tangga yang kebingungan untuk menyajikan menu hidangan apa untuk keluarga saat berbuka puasa atau sahur.

Menu buka puasa tidak harus mewah, makanan sederhana atau makanan khas nusantara jika diolah dengan tepat akan menggugah selera.

Baca Juga: Resep Es Teler Alpukat, Menu Buka Puasa Segar dan Gampang Bikinnya, Cocok untuk Takjil

Rawon merupakan makanan khas Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu yang khas menggunakan kluwek.

Menurut sejarah, rawon berasal dari Jawa Timur. Resep rawon daging sapi khas Jawa Timur merupakan salah satu masakan yang paling tua di Indonesia.

Cara memasak rawon daging sapi terkenal sampai ke pelosok-pelosok Nusantara. Bumbunya biasanya memakai daging sapi, warna kuahnya yang hitam berasal dari buah keluak atau kluwek.

Baca Juga: Resep Es Jelly Nangka, Menu Takjil Enak dan Murah untuk Buka Puasa Ramadhan 2022 Bersama Keluarga

Di luar negeri, rawon disebut dengan “Black Soup” dikarenakan warna hidangan rawon yang hitam. Rawon biasa disajikan bersama dengan nasi hangat serta dilengkapi dengan touge rebus.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x