Niat Salat Dhuha, Dalil, Doa yang Dipanjatkan Setelah Salat, dan Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Salat Dhuha

- 3 April 2022, 11:11 WIB
ilustrasi - Niat Salat Dhuha dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya, dalil Salat Dhuha, doa yang dibaca setelah salat dan waktu terbaik Salat Dhuha.
ilustrasi - Niat Salat Dhuha dalam bahasa Arab, Latin, dan artinya, dalil Salat Dhuha, doa yang dibaca setelah salat dan waktu terbaik Salat Dhuha. / FREEPIK/Rawpixel.com

BERITA DIY – Simak penjelasan Salat Dhuha, niat Salat Dhuha, dalil mengenai salat sunnah tersebut, doa yang dipanjatkan setelah salat, dan waktu yang paling baik untuk melaksanakan Salat Dhuha. 

Salat Dhuha sendiri adalah salat sunnah yang dilakukan oleh seorang muslim ketika memasuki waktu dhuha. Waktu dhuha sendiri adalah waktu antara matahari mulai naik sekitar tujuh hasta (pukul 07:00) hingga sebelum waktu dhuhur.

Salat Dhuha secara pengerjaan bisa dikerjakan mulai dari dua rakaat hingga maksimal 12 rakaat. Sistematika Salat Dhuha sendiri dilakukan dalam dua rakaat sekali salam.

Baca Juga: Doa Bacaan Niat Puasa Ramadhan 1443 H, Boleh Niat Pendek atau Panjang: Arab dan Terjermaha Bahasa Indonesia

Shalat Dhuha termasuk dalam ibadah salat sunnah berdasarkan hadits Abu Hurairah Radhiyallahu anhu yang diriwayatkan at-Tirmidzi, no. 1178, Muslim, no. 721. Abu Hurairah Radhiyallahu anhu yang berbunyi:

 أَوْصَانِي خَلِيلِي بِثَلاثٍ لاَأَدَعُهُنَّ حَتَّى أَمُوتَ: صَوْمِ ثَلاثَةِ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ ، وَصَلاةِ الضُّحَى ، وَنَوْمٍ عَلَى وِتْرٍ

Kekasihku (Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ) mewasiatkan kepadaku tiga (hal) yang tidak (pernah) saya tinggalkan sampai saya meninggal dunia yaitu puasa tiga hari pada setiap bulan, shalat Dhuha dan tidur (dalam kondisi) telah menunaikan witir.

Dilansir dari kaman Masjid Besar Jabalul Khoir Purwodadi, berikut niat untuk menjalankan Salat Dhuha yang dilakukan dalam dua rakaat sekali salam:

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x