Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1443 Wilayah DKI Jakarta Menurut NU, Muhammadiyah, dan Kemenag Hari ini 3 April 2022

- 3 April 2022, 10:47 WIB
ilustrasi - Jadwal imsakiyah, shalat wajib, dan shalat sunnah pada Ramadhan 1443 di Jakarta: NU, Muhammadiyah, dan Kemenag untuk hari ini, 3 April 2022.
ilustrasi - Jadwal imsakiyah, shalat wajib, dan shalat sunnah pada Ramadhan 1443 di Jakarta: NU, Muhammadiyah, dan Kemenag untuk hari ini, 3 April 2022. /PIXABAY/chiplanay

BERITA DIY – Berikut jadwal imsakiyah Ramadhan 1443 H untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya menurut Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, dan Kemenangan pada hari ini, 3 April 2022.

Pada Bulan Ramadhan 1443 H tahun ini, untuk wilayah Indonesia bisa menggunakan panduan waktu dalam menentukan imsakiyah, shalat lima waktu, serta ibadah sunnah lainnya dari tiga instansi yakni NU, Muhammadiyah, serta Kementerian Agama (Kemenag) yang dapat diakses secara bebas oleh masyarakat.

Saat ini, puasa untuk masyarakat yang mengikuti fatwa dari Muhammadiyah sudah memasuki hari kedua dalam Puasa Ramadhan 2022. Karena Muhammadiyah menggunakan metode Hisab dalam menentukan awal Ramadhan.

Baca Juga: Jadwal Imsakiyah DKI Jakarta 1 Ramadhan 1443 H atau 3 April 2022 M dari Bimas Kemenag

Sedangkan NU dan pemerintah yang diwakili Kemenag menggunakan metode rukyatul hilal. Metode ini harus melihat hilal secara langsung pada hari yang sudah disepakati. Untuk menentukan awal Puasa Ramadhan tahun ini, rukyatul hilal dilakukan pada 1 April 2022 dan memutuskan awal Ramadhan jatuh pada tanggal 3 April 2022.  

Ketiga instansi tersebut memiliki pedoman waktu masing-masing yang bisa diakses secara mandiri oleh masyarakat. Berikut website resmi dari ketiga instansi tersebut:

  1. Muhammadiyah

Muhammadiyah menyediakan jadwal waktu Imsakiyah, shalat wajib, serta shalat sunnah di laman resmi muhammadiyah.or.id. Jadwal yang sediakan sekitar 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Untuk wilayah DKI Jakarta, jadwal bisa dilihat dengan KLIK DI SINI

Baca Juga: Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 2022: Awal Puasa Menurut NU, Muhammadiyah, dan Jadwal Imsakiyah 1443 Hijriah

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x