Bacaan Niat Puasa Ramadhan 2022 Bahasa Arab, Latin, dan Terjemahannya: Niat Lebih Baik Dibaca Kapan?

- 1 April 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi bacaan niat puasa Ramadhan 2022 dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya, niat puasa dibaca kapan?
Ilustrasi bacaan niat puasa Ramadhan 2022 dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya, niat puasa dibaca kapan? /FREEPIK/freepik

BERITA DIY - Bacaan niat puasa Ramadhan 2022 dalam Bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya. Niat puasa dibaca kapan, apakah harus diucapkan dengan lisan?

Bagi umat muslim, Ramadhan merupakan bulan istimewa. Bulan ini merupakan salah satu bulan penuh berkah dalam tahun Hijriah. Sebentar lagi puasa Ramadhan akan segerta tiba.

Pada bulan ini, umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa hingga satu bulan penuh bagi mereka yang tidak memiliki udzur. Setelah itu umat muslim akan bertemu dengan idhul fitri pada 1 Syawal 1443 H.

Baca Juga: Kapan Puasa 1 Ramadhan 2022 Dimulai? Berikut Penjelasan Awal Puasa 1443 H dari Pemerintah, Muhammadiyah, NU

Sebelum menjalankan puasa, umat muslim harus berniat terlebih dahulu. Para ulama telah sepakat bahwa membaca niat merupakan bagian dari rukun puasa.

Membaca niat puasa Ramadhan hukumnya wajib mengingat niat ini merupakan bagian dari rukun puasa Ramadhan. 

Hal ini berarti ibadah puasa akan sah ketika seseorang membaca niat terlebih dahulu, dan dianggap tidak sah ketika orang tersebut tidak membaca niat.

Baca Juga: Shalat Tarawih Berapa Rakaat? Ini Penjelasan dan Tata Cara Sholat 11 Rakaat Lengkap Bacaan Niat

Dengan membaca niat puasa maka orang tersebut telah menyampaikan kehendak untuk melakukan puasa sesuai dengan ketentuannya. Oleh sebab itu, niat puasa sangatlah penting bagi orang yang akan menjalankan puasa Ramadhan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x