Jadwal dan Link Nonton Sidang Isbat Kemenag 2022: Ada Perbedaan Tanggal Puasa antara Muhammadiyah dan NU?

- 1 April 2022, 14:45 WIB
Ilustrasi pengamatan hilal. Berikut informasi jadwal dan link nonton Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan 2022 sebagai hari pertama ibadah puasa Ramadan pada tahun ini.
Ilustrasi pengamatan hilal. Berikut informasi jadwal dan link nonton Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadan 2022 sebagai hari pertama ibadah puasa Ramadan pada tahun ini. /PIXABAY/Vic_B

BERITA DIY – Berikut informasi jadwal dan link nonton Sidang Isbat yang akan dilakukan Pemerintah untuk menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah atau 2022 Masehi serta kemungkinan Ramadan yang berbeda antara Muhammadiyah dan NU.

Dikutip dari pernyataan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib di laman resmi  kemenag.go.id, Kemenag akan menyelenggarakan Sidang Isbat 1 Ramadan 1443 Hijriah pada hari ini, Jumat, 1 April 2022.

Hal itu diambil karena hari Jumat ini juga bertepatan dengan 29 Sya'ban 1443 H dan Sidang Isbat akan dihadiri oleh MUI, perwakilan ormas Islam, DPR, sejumlah duta besar negara sahabat, dan kementerian serta lembaga terkait.

Baca Juga: Link Live Streaming Kemenag Sidang Isbat 1 Ramadhan 2022 Sore Ini: YouTube, Instagram dan Twitter

“Sidang Isbat selama ini menjadi sarana bertukar pandangan para ulama, cendekiawan, maupun para ahli terkait penetapan awal Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah. Hasil sidang isbat ini akan segera diinformasikan kepada masyarakat agar bisa dijadikan sebagai pedoman," jelas Adib dalam keterangan tertulis.

Mengenai potensi adanya perbedaan tanggal awal puasa Ramadan 1443 H, Adib menjelaskan bahwa hal tersebut sudah biasa terjadi karena adanya perbedaan metode penetapan awal puasa.

Adib berpesan bahwa meskipun ada perbedaan awal puasa Ramadan, hal itu hendaknya dihadapi dengan sikap saling menghormati supaya tidak mengurangi kekhusyuan dalam menjalani ibadah puasa.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat 2022 Jam Berapa? Cek Hasil Penentuan Puasa 1 Ramadhan 1443 H di Link Live Streaming TVRI

Ini dikarenakan Muhammadiyah sudah terlebih dahulu menetapkan Sabtu, 2 April 2022 sebagai awal Ramadan, sedangkan Pemerintah baru akan melaksanakan Sidang Isbat pada malam ini.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x