Hasil Sidang Isbat Ramadhan 2022 Cek Di Sini, Versi Pemerintah Lengkap Dengan 101 Tempat Lokasi Rukyatul Hilal

- 1 April 2022, 13:15 WIB
ilustrasi - Hasil sidang Isbat penentu 1 Ramadhan 1443 H/2022 bisa cek di sini, versi pemerintah lengkap dengan 1011 tempat lokasi rukyatul hilal.
ilustrasi - Hasil sidang Isbat penentu 1 Ramadhan 1443 H/2022 bisa cek di sini, versi pemerintah lengkap dengan 1011 tempat lokasi rukyatul hilal. /PEXELS/@Lucas Pezeta

BERITA DIY – Berikut ini penjelasan hasil Sidang Isbat untuk menentukan 1 Ramadhan 2022 bisa cek di sini dengan versi pemerintah lengkap dengan 101 tempat lokasi rukyatul hilal.

Sidang Isbat yang dilakukan pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) akan digelar pada hari ini, 1 April 2022. Keputusan sidang Isbat ini akan menentukan kapan pelaksanaan puasa Ramadhan tahun ini akan dimulai.

Sebagai informasi, sidang Isbat adalah sidang penetapan dalil syar'i yang disaksikan dan di hadapan hakim suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi. Jadi sidang Isbat Ramadhan adalah sidang untuk membuktikan kebenaran datangnya bulan puasa Ramadhan dengan melihat langsung hilal di beberapa tempat di Indonesia.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Kemenag 1 Ramadhan 2022 Hari Ini Bisa Cek di Sini, Berikut Jadwal Puasa NU dan Muhammadiyah

Dalam sidang Isbat yang diselenggarakan oleh Kemenag yang didalamnya diperkuat dari berbagai ahli, baik itu ulama, dan ahli astronomi memberikan informasi tentang bulan Ramadhan.

Dalam sidang Isbat dalam menentukan 1 Ramadhan 1443 H/2022 ini akan digelar dalam tiga tahap, yakni pemaparan posisi hilal untuk mengetahui 1 Ramadhan 1443 hijriah. Dalam tahap pertama ini, dilaksanakan pada pukul 17:00 WIB dari Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag.

Setelah data mengenai posisi hilal sudah didapat, kemudian dilaksanakan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1443 H, selepas sholat magrib. Sidang ini akan dilaksanakan secara tertutup dan hanya para ahli yang bisa mengikuti tahap kedua ini.

Baca Juga: 3 Link Live Streaming Kemenag Cek Hasil Sidang Isbat 2022, Penentuan Puasa Tanggal Berapa dari Pemerintah

Untuk tahap ketiga, pemerintah yang diwakili oleh Kemenag akan mengumumkan hasil Sidang Isbat mengenai kapan umat Islam di Indonesia bisa beribadah Puasa Ramadhan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x